Bawaslu Belitung Segera Rekrut 547 Petugas PTPS, Simak Syarat dan Kelengkapan Berkasnya Berikut Ini

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belitung segera merekrut sebanyak 547 orang petugas Pengawas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kabupaten Belitung. Nantinya petugas PTPS tersebut akan ditempatkan di setiap TPS, dalam fungsinya menjalankan pengawasan pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024.

Berdasarkan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 1 Tahun 2020, perekrutan petugas PTPS tersebut akan dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Petugas PTPS sebagai ujung tombak dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan proses pemilu yang jujur, adil dan berintegritas, akan bertugas mengawasi dan mencegah terjadinya kecurangan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar, SH (Aris), Petugas PTPS yang lolos seleksi dan dinyatakan terpilih akan ditugaskan sejak 23 hari sebelum hari pemungutan suara, dan berakhir pada hari ketujuh setelah pemungutan suara, dengan total masa penugasan selama 30 hari atau satu bulan.

“Untuk proses perekrutan nantinya akan dilakukan oleh Panwascam di wilayah masing-masing, jadi silahkan bagi yang berminat untuk ikut serta dalam perekrutan petugas PTPS ini. Kemudian bagi petugas PTPS yang dinyatakan terpilih, nantinya akan melakukan tugas pengawasan mulai dari pendistribusian logistik, pungut hitung hingga rekapitulasi perhitungan suara”, ungkap Aris kepada pradivanews.com, Sabtu (16/12/2023).

Senada, Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Kabupaten Belitung, Zainal Muttaqin, S.Sos juga mengajak putra-putri Kabupaten Belitung untuk ambil bagian dalam proses mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 sebagai petugas PTPS di wilayahnya masing-masing.

“Nantinya akan kita fasilitasi, untuk waktu dan tempat serta informasi lebih lanjut, silahkan datang ke Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung dan Panwascam di wilayah masing-masing, atau bisa juga memantau media sosial resmi Bawaslu Kabupaten Belitung”, pungkas Zainal. (***)

Persyaratan petugas PTPS Pemilu 2024

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun.
  3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  4. Calon peserta mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil.
  5. Calon peserta memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraen, kepartaian, dan pengawasan Pemilu.
  6. Calon peserta berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.
  7. Pendaftar diutamakan berasal dari kelurahan/desa setempat.
  8. Calon peserta mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
  9. Calon peserta mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon PTPS.
  10. Calon peserta mengundurkan diri jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai PTPS.
  11. Tidak pernah dipidana yang ancaman hukumannya lebih dari 5 (lima) tahun atau lebih, dibuktikan dengan surat pernyataan.
  12. Calon peserta bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan.
  13. Calon peserta bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih.
  14. Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.

Berkas pendaftaran petugas PTPS Pemilu 2024

  1. Surat pendaftaran yang ditujukan kepada Panwaslu Kecamatan.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Eleketronik.
  3. Pas foto setengah badan terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar.
  4. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau menyerahkan fotokopi ijazah terakhir dengan menunjukkan ijazah asli.
  5. Daftar riwayat hidup.
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah termasuk Puskesmas disertai dengan surat keterangan bebas narkoba.
  7. Surat pernyataan bermaterai yang memuat:
    • Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
    • Sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkotika (jika surat keterangan hasil pemeriksaan tidak tersedia).
    • Tidak pernah menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terakhir.
    • Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.
    • Bersedia bekerja penuh waktu.
    • Kesediaan untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah /Badan Usaha Milik Desa selama masa keanggotaan apabila terpilih.
    • Tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.

Reporter : Eddy SD
Editor : Yudi AB


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…