Pemkab Beltim Terima Sertifikat Hak Paten, Tradisi Bebanjor Diakui Sebagai WBTb ke-18 Nasional

BELITUNG TIMURpradivanews.com – Tradisi Bebanjor mendapat hak paten sebagai karya budaya khas Kabupaten Belitung Timur (Beltim), dan diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) ke-18 nasional. Hak paten berupa sertifikat penghargaan WBTb tersebut diberikan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Beltim.

Penyerahan sertifikat dari Kemendikbud Ristek tersebut dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga Babel kepada Pemkab Beltim. Diberikan oleh Kepala UPTD Balai Pengembangan Pariwisata Wilayah Belitung Apri Yuliansyah, dan diterima oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Beltim, bertempat di Rumah Adat Melayu Belitung beberapa waktu lalu.

Plt. Kepala Disbudpar Kabupaten Beltim, Haryoso mengaku bersyukur atas diraihnya sertifikat dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim.

“Alhamdulillah karya budaya Bebanjor telah menjadi hak paten Kabupaten Beltim yang diakui secara nasional”, ungkap Haryoso melalaui Diskotikdansa Beltim, Jum’at (08/12/2023).

Lebih lanjut Haryoso mengatakan, dengan diraihnya sertifikat WBTb dari pemerintah pusat tersebut merupakan bentuk keseriusan Pemkab Beltim dalam melindungi, melestarikan dan menjaga kebudayaan kesenian.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada para maestro di Beltim yang telah memberikan dedikasinya untuk menjaga nilai budaya Beltim hingga karya budaya Bebanjor mendapat sertifikat penghargaan”, kata Haryoso.

Sebagai langkah melestarikannya, Haryoso berharap agar desa wisata di Beltim dapat menampilkan warisan budaya tak benda pada kegiatan kebudayaan dan pariwisata, termasuk kolaborasi dengan instansi terkait agar seluruh WBTb di Beltim dapat dikenal masyarakat luas.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Beltim, Sarwan menjelaskan karya budaya Bebanjor merupakan salah satu teknik memancing ikan air tawar secara tradisional oleh masyarakat Beltim.

Tentunya dengan adanya sertifikat penghargaan WBTb, artinya Bebanjor merupakan bagian dari peninggalan kebudayaan yang memiliki nilai penting sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan atau seni.

“Dengan ditetapkannya tradisi Bebanjor tentunya diharapkan seluruh masyarakat Beltim untuk bersama-sama memelihara, melestarikan dan mengembangkan budaya ini sebagai bentuk nilai-nilai luhur dan karya seni budaya daerah kita kedepannya”, pungkas Sarwan. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…