Samakan Persepsi, KPU Belitung Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Pemilu Tahun 2024

BELITUNG, pradivanews.com – Dalam melaksanakan seluruh metode kampanye, peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 beserta seluruh Calon Legislatif (Caleg) dengan seluruh tingkatannya harus menghormati hak-hak masyarakat, terutama menyangkut pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di Zona yang sudah ditetapkan.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan, SH dalam acara Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Pemilu tahun 2024 yang diikuti seluruh Partai Politik tingkat Kabupaten Belitung, Minggu (03/12/2023), bertempat di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

“Kegiatan ini digelar untuk menyamakan persepsi dalam hal kepatuhan bagi peserta Pemilu, dalam melaksanakan seluruh metode kampanye yang sudah diatur. Ada satu hal yang harus dihormati, yaitu dalam melaksanakan kampanye sampai 10 Februari harus menghormati hak-hak masyarakat, terutama dalam pemasangan APK”, ungkap Soni dalam sambutannya, Minggu (03/12/2023).

Namun diakui Soni, berdasarkan hasil monitoring bersama Bawaslu Kabupaten Belitung hingga hari kelima masa kampanye, pemasangan APK di wilayah Kabupaten Belitung oleh seluruh peserta Pemilu beserta Calegnya tidak terdapat pelanggaran. Hal ini masih sesuai dengan pembekalan mengenai titik lokasi pemasangan APK yang sudah disampaikan kepada seluruh Partai Politik.

“Alhamdulillah, Hasil monitoring bersama Bawaslu Belitung hingga hari kelima masa kampanye, tidak ada laporan ataupun keberatan berkaitan dengan hal tersebut. Sebelumnya memang sudah kami sampaikan keputusan terkait zonasi pemasangan APK ini, termasuk juga untuk kampanye rapat umum dan kampanye di media massa cetak, elektronik serta online yang akan dimulai pada 21 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang”, papar Soni.

Acara Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Pemilu tahun 2024 Tingkat Kabupaten Belitung ini dihadiri Bupati Belitung, Forkopimda Belitung, Bawaslu Belitung, pengurus Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024, Organisasi Perangkat Daerah dan Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Akademisi, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, serta Media Massa Cetak, Elektronik dan Online.

Dalam acara ini juga dilakukan pembacaan Pernyataan Sikap bagi seluruh peserta Pemilu tahun 2024. Pembacaan naskah Pernyataan Sikap ini dipandu Ketua KPU Belitung Soni Kurniawan, didampingi Ketua Bawaslu Belitung Rezeki Aris Munazar, Bupati Belitung Sahani Saleh, Forkopimda dan diikuti seluruh pengurus Partai Poltik tingkat Kabupaten Belitung.

Pernyataan Sikap tersebut yakni, kami peserta Pemilihan Umum tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung dengan ini menyatakan :

  1. Siap mematuhi seluruh peraturan pelaksanaan kampanye secara bertanggung jawab
  2. Siap melaksanakan kampanye Pemilihan Umum di wilayah Kabupaten Belitung secara tertib, aman dan damai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  3. Siap menghindari penyampaian informasi hoax, ujaran kebencian, kampanye hitam, dan isu sara, serta tidak melakukan money politik.

Usai pembacaan naskah Pernyataan Sikap, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon lounching hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. Pemotongan tali balon ini dilakukan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…