Samakan Persepsi dan Pemahaman, 50 Organisasi Kemasyarakatan di Beltim Ikuti Sosialisasi Pembinaan

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 50 Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kamis (30/11/2023), mengikuti sosialisasi pembinaan Ormas bertempat di Kafe Fega Manggar, Kabupaten Beltim.

Kegiatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Beltim ini sebagai upaya untuk menyamakan persepsi dan pemahaman secara jelas terhadap Ormas demi mewujudkan tertib administrasi berorganisasi.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Beltim, Evi Nardi mengungkapkan, dari 110 Ormas yang ada di Kabupaten Beltim, ada sebagian yang belum memiliki legalitas dari pemerintah.

“Dari 110 Ormas di Beltim, banyak yang belum memenuhi persyaratan seperti surat keterangan terdaftar dari Kementerian Dalam Negeri dan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM. Untuk itulah kita lakukan sosialisasi pembinaan”, ungkap Evi Nardi.

Selaku pihak yang mengadakan pembinaan tersebut, Evi Nardi juga memaparkan sejauh mana Ormas di Beltim agar lebih berperan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ia pun berharap agar Ormas di Kabupaten Beltim segera melengkapi legalitasnya.

“Kami harap agar Ormas di Beltim yang belum melengkapi persyaratan, termasuk yang sudah lewat pendaftaran, untuk segera melengkapi berkas agar memiliki legalitas”, sebut Evi Nardi.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim Sayono mengatakan, legalitas sangat penting dan harus dimiliki setiap Ormas. Hanya saja dalam implementasinya masih didapati keberadaan Ormas yang belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Legalitas sebuah organisasi kemasyarakatan merupakan bukti bahwa keberadaan organisasi kemasyarakatan tersebut diakui oleh Pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/Kota”, kata Sayono.

Selain memiliki legalitas, menurut Sayono setiap Ormas juga dituntut mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sosialisasi ini, Badan Kebangpol Kabulaten Beltim menghadirkan dua narasumber yakni Kasi Intelijen Kejari Beltim, Yoyok Junaidi yang menyampaikan materi mengenai kewenangan jaksa dalam pendataan ormas.

Narasumber kedua yakni Kanit III Bidang Sosbud Satintelkam Polres Beltim, Aipda Agustiawan yang menyampaikan materi terkait optimalisasi kegiatan Ormas dalam rangka persiapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦