KONI Beltim Dan STKIP Pasundan Berikan 40 Kuota Beasiswa Bagi Putra-Putri Daerah

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Kesempatan kuliah gratis bagi atlet dan pelajar SMA/SMK di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) kembali dibuka Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Beltim bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi, Jawa Barat.

Kesempatan kuliah gratis bagi putra-putri daerah Kabupaten Beltim ini disampaikan dalam acara Sosialisasi Program Prioritas KONI Kabupaten Beltim, Jum’at (01/12/2023), bertempat di sekretariat KONI Beltim. Setiap tahunnya Kabupaten Beltim memperoleh 40 kuota beasiswa bagi putra-putri daerah yang berprestasi.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STKIP Pasundan Cimahi, Dr. Ahmad Olih Solihin (Olih) mengungkapkan, STKIP Pasundan setiap tahunnya memiliki jatah beasiswa sebanyak 300 hingga 400 orang bagi calon mahasiswa berprestasi maupun dari keluarga kurang mampu.

“Sesuai visi misi kita untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan, kita memberikan ruang sebanyak-banyaknya bagi mahasiswa, baik yang berprestasi maupun berasal dari keluarga menengah ke bawah untuk memperoleh beasiswa”, ungkap Olih.

Mengingat 80 persen mahasiwa di STKIP Pasundan adalah atlet, kampus ini selalu memberikan dispensasi bagi mahasiswanya. Bahkan jika berprestasi saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Pekan Olahraga Nasional (PON) atau kejuaraan yang lebih tinggi lagi, STKIP Pasundan turut membayarkan beasiswa tergantung tingkat prestasi mahasiswa.

“Sesuai julukan kita ‘Kampus Para Juara’, sejak 2019 sampai 2023 ada 900 medali yang mahasiswa kita peroleh, dari mulai PON, Sea Games, Asian Games hingga Olimpiade. Makanya kalau musim kompetisi kampus kita hampir kosong”, lanjut Olih.

Meski mayoritas atlet, namun Olih menekankan beasiswa prestasi yang diberikan bukan hanya untuk mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga saja, namun juga keagamaan, seni dan budaya. Bahkan kampus juga mendorong mahasiswanya untuk meningkatkan kemampuan di bidang lainnya.

“Kita mendorong mahasiwa kita untuk terus meningkatkan skil dan bakatnya, jadi bukan semata-mata akademik. Kita memiliki 50 unit kegiatan mahasiswa, jadi kalau punya kemampuan di fotografi kita fasilitasi”, pungkas Olih. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…