Upacara Peringatan Hari Korpri, Burhanudin Tegaskan ASN Jangan Minta Dilayani

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mempunyai jiwa untuk melayani masyarakat, bukan justru minta dilayani. Hal ini ditegaskan Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, Rabu (29/11/2023), saat menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-52 Korpri tahun 2023.

Dalam upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Beltim ini, ratusan ASN dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah maupun dari sekolah-sekolah melalui PGRI di Beltim mengikuti pembacaan Panca Prasetya Korpri, ASN Berakhlak, serta berikrar netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Dalam sambutannya, Burhanudin (Aan) mengatakan momentum Hari Korpri ini merupakan cerminan dari perjalanan panjang dalam mewujudkan tugas mulia sebagai pelayan masyarakat. Korpri, yang terpatri dalam setiap langkah dan jiwa pelayanan, telah menjadi tulang punggung pembangunan dan penjaga nilai-nilai luhur bangsa.

“Dalam 52 tahun perjalanan ini, Korpri telah membuktikan ketangguhannya dalam beradaptasi, berkembang dan mewarnai berbagai sektor kehidupan negara ini. Sesuai temanya “Korprikan Indonesia” harapannya agar seluruh anggota Korpri semakin bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi nyata dalam melayani kepentingan masyarakat”, kata Aan.

Menurut Aan, Berakhlak yang mencakup beberapa nilai seperti berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, menjadi pengingat agar ASN memiliki orientasi yang seragam dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, melainkan harus mempunyai jiwa untuk melayani masyarakat”, tegas Aan.

Lebih lanjut Aan mengatakan, ASN di Kabupaten Beltim harus mampu menyeimbangkan harapan dan ekspektasi organisasi terhadap dirinya, dengan terus meningkatkan kinerja secara terus menerus, selalu belajar untuk meningkatkan kapasitas, dan menyesuaikan perilaku dengan core values.

“Korpri merupakan pilar yang tak tergantikan dalam pembangunan negara. Oleh karena itu, mari kita terus bergandengan tangan, satu sama lain, menghadapi setiap ujian dan menjawab setiap panggilan tugas dengan keberanian, keikhlasan, dan kepedulian”, pungkas Aan.

Usai upacara, Aan menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya masa kerja 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Kemudian Aan menyerahkan santunan Purna Tugas Korpri kepada 67 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Beltim yang sudah pensiun.

Setiap PNS tersebut menerima Rp. 3,5 juta hingga Rp 4 juta tergantung pangkat dan golongan pada saat memasuki pensiun. Juga dilakukan penyerahan santunan untuk 4 keluarga PNS di lingkup Pemkab Beltim yang telah meninggal dunia, masing-masing menerima sebesar Rp 5 juta. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…