Musnahkan Barang Bukti Dari 25 Perkara, Kejari Beltim Harapkan Bawa Dampak Positif Bagi Penegakan Hukum

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sejumlah barang bukti dari 25 perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Rabu (29/11/2023), dimusnahkan Kejaksaan Negeri Belitung Timur (Kejari Beltim), bertempat di Halaman Kantor Kejari Beltim.

Pemusnahan barang bukti ini dipimpin Kepala Seksi PB3R Mario Siahaan. Hadir dalam kegiatan ini Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Beltim Baniara Sinaga, Kasubagbin Kejari Beltim M Agussafitri, perwakilan dari PN Tanjung Pandan, Kasat Reskrim Polres Beltim AKP Fatah Meilana, perwakilan loka POM dan perangkat daerah di lingkup Pemkab Beltim.

Mario Siahaan mengatakan, pemusnahan barang bukti saat ini merupakan kegiatan kedua pada tahun 2023. Dari 25 perkara tindak pidana umum yang dimusnahkan tersebut, ada barang bukti kejahatan atau perkara penyalahgunaan narkotika.

“Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 25 perkara tindak pidana umum yang variatif. Yang pertama dimusnahkan barang bukti narkotika dengan cara diblender menggunakan air dan detergen, lalu pemusnahan hasil penambangan timah illegal”, kata Mario Siahaan.

Lebih lanjut Mario Siahaan menjelaskan, kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut merupakan salah satu tugas Kejaksaan dalam melaksanakan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Kejaksaan melaksanakan tupoksi sebagai eksekutor putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Kita tidak hanya melaksanakan tugas sebagai pelaksana eksekusi pidana badan, tetapi juga terhadap barang bukti atau barang rampasan setelah ada putusan dari pengadilan”, jelas Mario Siahaan.

Mario Siahaan juga berharap kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut dapat memberikan dampak positif bagi penegakan hukum, khususnya di wilayah Kabupaten Beltim.

“Pemusnahan barang bukti dengan mengundang instansi terkait ini, diharapkan ada sinergisitas yang baik antar aparat penegak hukum, supaya penegakan hukum di Beltim berjalan lebih baik dan masyarakat mengetahui bahwa Kejari Beltim memberikan warna dalam penegakan hukum”, pungkas Mario Siahaan. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…