Pelatihan Bela Negara Badan Kesbangpol Beltim Diikuti 50 Pelajar Utusan SMA/SMK

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pelatihan Bela Negara bagi pelajar yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belitung Timur (Badan Kesbangpol Beltim) diikuti 50 orang siswa-siswi utusan SMA dan SMK se-Kabupaten Beltim.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, dimulai Selasa tanggal 28 November hingga Rabu tanggal 29 November 2023 ini, ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Bupati Beltim Burhanudin kepada perwakilan pelajar.

Dalam kesempatan ini, Bupati Beltim Burhanudin (Aan) sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Beltim. Menurutnya kegiatan ini penting untuk membentengi generasi muda dari paham-paham radikalisme serta efek negatif lain dari kemajuan teknologi.

“Sebagai pemerintah dan orang tua kita khawatir dengan kondisi yang terjadi saat ini. Dimana kehidupan sosial generasi kita, kalau tidak difilter dengan baik, tidak sedikit yang sudah dicuci otaknya dengan pemikiran radikal dan negatif lainnya”, ungkap Aan, Selasa (28/11/2023) siang.

Apalagi menurut Aan, di tahun politik ini generasi muda akan banyak menerima berita hoaks, kampanye hitam hingga isu negatif yang akan membuat suasana tidak kondusif dan memunculkan sikap saling bermusuhan.

“Kita ingin agar anak-anak kita di Kabupaten Belitung Timur memahami makna konstitusi negara kita, makna dari idealisme negara kita Pancasila, sehingga sikap kebangsaan yang mengedepankan persatuan dan kesatuan negara serta menjunjung kebhinekaan untuk dipahami secara utuh oleh generasi muda”, ujar Aan.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Beltim Evi Nardi, Pelatihan Bela Negara ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap patriotisme dan nasionalisme di kalangan pelajar. Selain itu, juga untuk meningkatkan kedisiplinan, kemandirian, cinta tanah air dan menambah wawasan kebangsaan.

“Baru kita laksanakan tahun ini, InShaaAllah akan rutin kita laksanakan. Hari pertama, pelatihan kita fokuskan seharian di Kantor Badan Kesbangpol, hari kedua kita laksanakan Outbond di Lapangan Golf Desa Lalang”, sebut Evi Nardi.

Sebagai instruktur dalam pelatihan ini, Badan Kesbangpol Beltim melibatkan TNI AU, TNI AD, Kejaksaan hingga Tagana Kabupaten Beltim. Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta berupa kedisiplinan, kepemimpinan, etika dasar serta wawasan kebangsaan.

“Kita berharap materi yang diberikan akan dapat menambah wawasan, pengalaman baru serta melahirkan siswa yang memiliki jiwa pemimpin, memiliki semangat juang dan cinta tanah air”, pungkas Evi Nardi. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…