Tahapan Dimulai Hari Ini, Aris Sebut Bawaslu Belitung Siap Awasi Kampanye Peserta Pemilu 2024

BELITUNG, pradivanews.com – Memasuki masa kampanye Pemilu tahun 2024, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar menghimbau peserta pemilu agar melaksanakan kampanye sesuai aturan yang berlaku, berkampanye dengan menyampaikan visi dan misi secara baik, serta membuat Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari Polres setempat.

Menurut Rezeki Aris Munazar (Aris), sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, masa kampanye akan berlangsung selama 75 hari yakni dimulai tanggal 28 November 2023 hingga berakhir pada tanggal 10 Februari 2024 mendatang.

Untuk itu Aris berharap agar seluruh peserta Pemilu tahun 2024, baik itu Partai Politik beserta Calon Legislatif selaku Pelaksana Kampanye dan Petugas Kampanyenya, Calon Anggota DPD RI, serta Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, agar melaksanakan kampanye sesuai peraturan yang sudah ditetapkan dalam PKPU Nomor 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Selama masa kampanye tersebut, Aris menegaskan bahwa Bawaslu Belitung beserta seluruh jajaran adhoc dibawahnya, baik itu Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dari 5 kecamatan serta Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) se-Kabupaten Belitung, siap untuk mengawasi jalannya tahapan kampanye sesuai dengan peraturan yan berlaku.

“Hari ini tahapan kampanye sudah dimulai, untuk itu kami Bawaslu Belitung beserta Panwascam dan PKD siap mengawasi kampanye Partai Politik, Calon DPD, dan Tim Kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden. Kami harap semua peserta Pemilu agar melaksanakan kampanye sesuai dengan aturan yang tertuang dalam PKPU Nomor 15 tahun 2023”, ungkap Aris, Selasa (28/11/2023).

Lebih lanjut Aris mengatakan, Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah berkomitmen untuk siap melaksanakan pengawasan dalam tahapan kampanye Pemilu tahun 2024. Sebelumnya, Bawaslu Babel sudah menggelar apel siaga di GOR Sahabudin Pangkalpinang, dengan melibatkan Bawaslu 7 Kabupaten/Kota serta Panwascam se-Babel. Apel siaga tersebut dipimpin langsung Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar.

“Dalam sambutannya, bapak Osykar menekankan agar Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam dan PKD untuk bekerja sesuai tupoksi dan aturan yang berlaku dalam mengawasi kampanye. Beliau juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan, mengingat pengawasan kampanye ini berlangsung selama 75 hari ke depan”, lanjut Aris.

Selain mengikuti apel siaga yang digelar Bawaslu Provinsi Babel, Bawaslu Belitung juga mengikuti apel siaga nasional yang digelar Bawaslu RI dengan melibatkan 38 Bawaslu Provinsi dan 514 Bawaslu Kabupaten/Kota. Apel siaga nasional ini dipimpin langsung Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagdja.

“Hampir sama dengan yang disampaikan Ketua Bawaslu Babel, Ketua Bawaslu RI juga menekankan kesiapan Bawaslu se-Indonesia untuk mengawasi tahapan kampanye agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku”, pungkas Aris. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦