Apel Ikrar Netralitas ASN, Guru, Tenaga Kontrak Babel di Beltim Dipimpin Pj Gubernur Babel

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr Safrizal Zakaria Ali, Senin (27/11/2023) sore, memimpin apel Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru SMA/SMK, dan Tenaga Kontrak Provinsi Babel di Kabupaten Beltim, bertempat di halaman SMA Negeri 1 Manggar, Kabupaten Beltim.

Dr Safrizal dalam sambutannya mengatakan, netralitas ASN merupakan salah satu prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh setiap ASN, khususnya dalam Pemilu tahun 2024. ASN diwajibkan untuk menjaga independensi dan kesetaraan dalam memberikan pelayanan publik tanpa memihak kepada kelompok atau individu tertentu.

“Hari ini ASN Provinsi Babel di Kabupaten Beltim melakukan ikrar netralitas. Ikrar ini sebagai bentuk kode etik ASN yang harus bersikap netral dalam Pemilu 2024″, kata Dr Safrizal.

Dr Safrizal juga mengingatkan agar ASN tidak memihak dan harus netral dalam Pemilu tahun 2024. Menurutnya, ASN menjadi sektor yang sangat penting dalam Pemilu tahun 2024 karena berkaitan dengan pelayanan terhadap publik.

“Dalam Pemilu 2024, kita harap tidak terlalu banyak atau tidak ada ASN di Babel yang diberi sanksi oleh Bawaslu. Ikrar ini sekaligus mengingatkan ASN maupun mengingatkan diri sendiri untuk tetap memberikan pelayanan yang baik dan berlaku sebagaimana yang dianjurkan Penyelenggara Pemilu”, ungkap Dr Safrizal.

Terpisah, Bupati Beltim Burhanudin (Aan) juga berharap agar semua ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Beltim, untuk bersama-sama menjaga netralitas dalam menjalankan tugas sebagai pegawai.

“Ikrar ini merupakan komitmen bersama menjaga integritas, dan menjunjung tinggi kode etik profesi. ASN harus bersikap netral”, sebut Aan.

Usai apel Ikrar Netralitas, para ASN, Guru SMA/SMK, Tenaga Kontrak Provinsi Babel di Kabupaten Beltim melakukan penandatanganan fakta integritas. Lima poin tertuang dalam fakta integritas tersebut yakni :

1.Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024.

2.Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai dan seluruh elemen masyarakat serta tidak mengkampanyekan peserta Pemilu.

3.Menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan peserta Pemilu tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.

4.Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun

5.Mensosialisasikan Pemilu dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih yang bertanggungjawab tanpa membeda-bedakan peserta Pemilu manapun.

Bagi para ASN, Guru SMA/SMK, Tenaga Kontrak Provinsi Babel di Kabupaten Beltim apabila melanggar poin-poin yang tertuang di dalam fakta integritas tersebut, maka bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…