Tim SAR Gabungan Evakuasi Warga Desa Merawang Yang Terjatuh ke Dalam Sumur

BANGKA, pradivanews.com – Seorang perempuan berinisial Z (55) warga Desa Merawang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Senin (27/11/2023), terjatuh ke dalam sumur sedalam 7 meter yang ada di rumahnya. Saat dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa melalui releasenya mengungkapkan, kejadian naas yang dialami korban diketahui pertama kali oleh kerabat korban yang bernama Tania. Hal ini bermula sekitar pukul 11.02 WIB adanya seorang warga yang mendatangi rumah korban dengan maksud hendak membeli ayam.

Warga tersebut sempat memanggil nama korban, namun hingga 10 menit tidak ada respon dari korban. Kemudian, Tania yang rumahnya berada di belakang rumah korban turut serta memanggil nama korban dan mengecek ke dalam rumah korban. Setelah masuk dan memeriksa, Tania menemukan korban sudah terjatuh ke dalam sumur yang ada di dalam rumahnya.

Melihat hal tersebut, Tania kemudian menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang untuk meminta pertolongan evakuasi terhadap korban. Informasi tersebut diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang pada pukul 12.28 WIB, kemudian ditindaklanjuti dengan membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 1 Tim Rescue menuju lokasi rumah korban di Mesa Merawang.

Tim SAR Gabungan yang melakukan evakuasi terhadap korban ini terdiri dari beberapa instansi terkait yakni Tim Rescue Kansar Pangkalpinang, Polres Bangka, Kapolsek Merawang, BPBD Kabupaten Bangka, Damkar Kabupaten Bangka, dan Masyarakat setempat.

Evakuasi terhadap korban menggunakan system CSR (Confined Space Rescue). Tidak berselang lama, korban berhasil diangkat dari dalam sumur dalam keadaan meninggal dunia. Setelah korban berhasil dievakuasi, I Made Oka Astawa mengatakan Operasi SAR Gabungan resmi ditutup.

“Keberhasilan Operasi SAR Gabungan ini merupakan kerjasama yang baik antar stakeholder yang ada di Bangka Belitung, sehingga setiap Operasi SAR dapat berjalan dengan baik. Saya mewakili seluruh jajaran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengucapkan terima kasih atas, bantuan saudara-saudara dan rekan-rekan yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam Operasi SAR yang berada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang”, pungkas I Made Oka Astawa. (***)

Reporter : Humas SAR Pangkalpinang
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦