Serahkan Hadiah, Burhanudin Sebut Seluruh Desa di Beltim Sudah Ikuti Program P2L Dan Memiliki KWT

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Bupati Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin mengungkapkan gerakan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) cukup berhasil di Kabupaten Beltim. Bahkan seluruh desa di Kabupaten Beltim sudah menerapkan gerakan P2L dan setiap desa memiliki Kelompok Wanita Tani (KWT).

Hal ini diungkapkan Burhanudin (Aan) usai penyerahan penghargaan dan bantuan kepada pihak-pihak yang dinilai berdedikasi bagi kegiatan P2L, yang berlangsung pada puncak Acara Gerakan Menanam di Pekarangan (Gempar) tahun 2023 di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Beltim.

“Alhamdulillah KWT ada di semua desa dan sudah terbukti berhasil. Program ini juga sekaligus untuk mendukung kesuksesan program TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) untuk menekan angka inflasi di daerah”, ungkap Aan, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut Aan berharap agar seluruh Kepala Desa di Kabupaten Beltim mendukung seluruh penyuluh pertanian dan menggalakkan terus P2L. Dukungan tersebut dengan cara melakukan kolaborasi dengan penyuluh untuk membina KWT di wilayah desanya masing-masing.

“Kita mulai harus berpikir realistis menghadapi situasi dan kondisi dengan memanfaatkan pekarangan dan lahan yang kurang produktif, untuk bisa mendukung ekonomi sosial. Kegiatan ini bukan hanya seremonial, namun dapat diwujudkan dan berhasil”, harap Aan.

Sebagai salah satu bukti dari komitmen untuk mendukung keberhasilan P2L, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim melalui Distangan akan terus memberikan hadiah bagi KWT dan bantuan bagi Kelompok Tani yang berhasil.

“Para penyuluh pertanian yang berhasil membina KWT dan Kelompok Tani juga akan dihadiahi sepeda motor. InShaaAllah kita akan berikan terus reward bagi masyarakat petani yang sudah berusaha dan bekerja. Kita akan minta perusahaan dan perbankan untuk ikut memberikan penghargaan tersebut”, sebut Aan.

Pada puncak Acara Gempar tahun 2023 ini, Aan bersama Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Manggar Al Yoppie Kusuma menyerahkan hadiah berupa sepeda motor kepada Rohana (46) penyuluh pertanian di Desa Mempaya, Kecamatan Damar.

Hadiah dari program Tanggungjawab Sosial Bank Sumsel Babel ini khusus diserahkan bagi penyuluh pertanian teladan yang berhasil membina kelompok tani wanita dan para tani di wilayah kerjanya. Dan Rohana dinilai sosok yang memiliki dedikasi dan kontribusi tinggi untuk kemajuan program pertanian.

“Terkejut, dak nyangka, ke depan harapan saya ingin lebih baik lagi. Semoga para petani di Kabupaten Beltim terutama di Desa Mempaya dapat terus meningkatkan produktivitas hasil pertanian”, pungkas Rohana.

Selain memberikan hadiah kepada penyuluh, Distangan Beltim juga memberikan penghargaan kepada para pemenang Lomba Gempar, pemenang Lomba Tergempar, yakni KWT, Kelompok Tani dan masyarakat perorangan. Serta memberikan bantuan Cultivator kepada tiga Poktan dan 9 ternak sapi kepada 6 Poktan. (***)

Reporter : Diskotikdansa Beltim
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…