Ikuti Jambore Potensi SAR Nasional Tahun 2023, Kantor SAR Pangkalpinang Kirim 10 Orang Peserta

PANGKALPINANG, pradivanews.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Sabtu (25/11/2023), mengirimkan 10 orang sebagai peserta Jambore Potensi SAR Nasional tahun 2023 di Cibubur Bogor, Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan pada 25 hingga 30 November 2023 mendatang. Kegiatan ini diikuti Perwakilan Potensi SAR dari 34 Kantor Pencarian dan Pertolongan yang ada di Indonesia.

Pelaksanaan Jambore Potensi SAR Nasional tahun 2023 ini memiliki makna suatu upaya merangkul dan mempertegas eksistensi Potensi SAR agar lebih optimis, lebih terangkat martabatnya, lebih merasa memiliki dan menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dari Basarnas ‘Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa’.

Tujuan diadakannya Jambore Potensi SAR Nasional tahun 2023 yakni menyamakan persepsi, baik pola pikir maupun pola tindak Potensi SAR dalam mendukung pelaksanaan operasi SAR sesuai amanat UU Noomor 29 Tahun 2014 serta Membangun kerjasama tim yang solid dan kebersamaan dengan semangat Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa.

Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan (skill) teknis SAR, serta upaya mentransformasikan ilmu SAR kepada Potensi SAR serta Membangun jaring komunikasi, koordinasi, tujuan lainnya yakni menjalin silaturahmi antar Potensi SAR dan Basarnas.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa,SH,MSi mengatakan, 10 orang peserta yang dikirim merupakan perwakilan SAR Bangka Belitung (Babel) yang telah lulus seleksi. Sebelumnya, seleksi tersebut diikuti sekitar ratusan peserta.

Perwakilan yang lulus seleksi terdiri dari utusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat, BPBD Kabupaten Bangka, BPBD Kabupaten Bangka Tengah, BPBD Kabupaten Belitung Timur, Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Babel), Kompas, HNSI, dan relawan yang ada di Provinsi Babel.

Kontingen Jambore Potensi SAR Nasional tahun 2023 dari Babel ini juga didampingi 6 orang official, sebagai pendukung para peserta dalam mengikuti semua kegiatan dan perlombaan yang diadakan di Cibubur, yakni perlombaan Fitness Drill dan Mini Challange.

“Hari ini kita telah mengirimkan 10 peserta yang akan mengikuti kegiatan Jambore Potensi SAR Tahun 2023, mereka orang-orang terpilih yang sudah kami seleksi, dan sudah kita bina selama ini, saya berharap mereka dapat memenangkan setiap perlombaan tersebut dan dapat mengharumkan nama Potensi SAR yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, pungkas I Made Oka Astawa. (***)

Reporter : Humas SAR Pangkalpinang
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦