Ketua Bawaslu Belitung Ingatkan Calon Petahana Tidak Berkampanye Dalam Kegiatan Reses

BELITUNG, pradivanews.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar, S.H mengingatkan anggota DPRD Kabupaten Belitung yang kembali mencalonkan diri dalam Pemilu tahun 2024 mendatang, agar tidak memanfaatkan kegiatan reses sebagai ajang kampanye.

“Mengingat saat ini sudah masuk tahapan Pemilu 2024, dimana DCT Pileg juga sudah disahkan oleh KPU Belitung, maka kami ingatkan kepada rekan-rekan anggota DPRD Belitung yang merupakan calon petahana atau mencalonkan diri kembali, jangan melakukan kegiatan kampanye pada saat reses ke desa-desa”, sebut pria yang akrab disapa Aris ini melalui telpon, Senin (13/11/2023).

Lebih lanjut Aris mengungkapkan, masa reses adalah instrumen kelembagaan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dengan melakukan kunjungan ke Daerah Pemilihan (Dapil) untuk menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai wakil rakyat, dalam menyerap aspirasi maupun masukan dari konstituen, serta untuk melihat langsung implementasi berbagai kebijakan yang dibuat oleh eksekutif.

“Masa reses merupakan masa anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama kegiatan di luar gedung parlemen. Misalnya melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan secara perorangan maupun secara berkelompok. Nah, dalam reses ini jangan ada unsur atau kalimat ajakan yang berbau kampanye”, ungkap Aris.

Ditambahkan Aris, untuk mengantisipasi atau mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh calon petahana tersebut, Bawaslu Kabupaten Belitung melalui jajaran adhoc di bawahnya akan melakukan tindakan pengawasan pada setiap kegiatan reses anggota DPRD Belitung.

“Untuk itu, agar tidak terdapat pelanggaran yang dilakukan rekan-rekan DPRD Belitung di dalam kegiatan resesnya, maka kami akan melakukan monitoring ke lapangan bersama Panwascam dan PKD, guna melakukan pengawasan melekat terhadap kegiatan reses tersebut”, pungkas Aris. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦