Diikuti 150 Orang Peserta, SMA Negeri 1 Manggar Sukses Menggelar Workshop Musikalisasi Puisi

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 150 orang siswa dan siswi mengikuti pagelaran workshop musikalisasi puisi yang digelar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Manggar, Kamis (09/11/2023), bertempat di aula Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB ini berjalan dengan sukses dan meriah.

Para peserta workshop musikalisasi puisi dengan antusias mengikuti serta menyimak paparan yang disampaikan oleh 3 orang pemateri yang menjadi narasumber yakni, Diran Janggut dan Yudhie Guszara selaku Penggiat Puisi di Pulau Belitong, serta Tyas Arista selaku Musisi handal.

Usai menyimak paparan materi dari para narasumber, peserta workshop musikalisasi puisi diberikan kesempatan untuk mempraktekan langsung tampilan musikalisasi puisi secara maksimal. Penampilan peserta ini pun mendapat apresiasi dan tepuk tangan yang meriah.

Kepala SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin, MPd mengatakan, pagelaran workshop musikalisasi puisi ini bertujuan sebagai pembelajaran sastra dan seni serta sebagai wujud ekspresi dalam mengoptimalkan potensi, minat dan bakat siswa.

“Kegiatan ini merupakan wujud memberdayakan potensi siswa. Kegiatan ini juga menjadi pendukung belajar di kelas, karena event ini mampu menghasilkan kolaborasi produk puisi serta seni dalam manifestasi musikalisasi puisi”, kata Sabarudin, Kamis (09/11/2023).

Menurut Sabarudin, kegiatan workshop musikalisasi puisi ini penting untuk dilaksanakan karena sebagai media pembelajaran bagi siswa berkenaan sastra dan seni. Selain itu, melalui kegiatan ini akan menumbuh kembangkan potensi, minat dan bakat siswa agar terus maju dan berkembang sesuai kemampuan yang mereka miliki.

“Kedepannya, kegiatan ini akan ditindaklanjuti agar siswa tidak hanya menerima materi semata, namun mampu menghasilkan produk berupa video atau pagelaran musikalisasi puisi. Semoga kegiatan ini menjadi jalan sukses bagi siswa-siswi SMAN 1 Manggar dalam meraih merdeka belajar dan masa depan. Sukses dan semangat selalu untuk SMAN 1 Manggar”, sebut Sabarudin.