Bawaslu Belitung Terima Anggaran Hibah Sebesar 8,1 Miliar Untuk Pilkada 2024

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung menerima anggaran hibah sebesar 8,1 Miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

Anggaran hibah tersebut tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada tahun 2024 yang ditandatangani Ketua Bawaslu Belitung Rezeki Aris Munazar, SH bersama Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos pada hari Senin tanggal 06 November 2023 lalu di Rumah Dinas Bupati Belitung.

Usai penandatanganan NPHD Pilkada tahun 2024 tersebut, Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos (Sanem) berpesan agar Bawaslu Belitung mengelola anggaran hibah yang diterima sesuai dengan peruntukan yang sudah ditetapkan.

“Saya ingatkan agar Bawaslu Belitung berhati-hati dalam mengelola anggaran hibah ini, lakukan sesuai yang sudah ditetapkan dengan metode peruntukannya”, pesan Sanem, Senin (06/11/2023) lalu.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Belitung Rezeki Aris Munazar, SH (Aris) mengungkapkan pihaknya sempat menemui kendala saat menerima anggaran hibah tersebut, yakni tidak adanya bendahara dikarenakan minimnya pegawai di sekretariat Bawaslu Belitung.

“Awalnya kita sempat bingung, karena saat anggaran hibah ini diterima, namun kita masih sibuk mencari bendahara. Hal ini karena minimnya pegawai di Bawaslu Belitung”, ungkap Aris melalui sambungan telpon, Selasa (07/11/2023) malam.

Menurut Aris, guna mengatasi kendala tersebut maka pihaknya berkirim surat kepada Pemkab Belitung untuk meminta bantuan peminjaman pegawai sebagai bendahara yang khusus mengelola anggaran hibah Pilkada tahun 2024 di Bawaslu Belitung.

Lebih lanjut Aris menjelaskan, permohonan bantuan pegawai kepada Pemkab Belitung tersebut juga memperhatikan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 150/2479/SJ Tahun 2023 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

“Alhamdulillah kendalanya dapat diatasi, surat permintaan bantuan pegawai untuk bendahara Pilkada 2024 tersebut langsung direspon dan ditindak lanjuti pak Bupati. Namun untuk pinjam pakai pegawai ini Beliau juga menyarankan agar kita berkoordinasi dengan BKD Kabupaten Belitung”, jelas Aris.

Namun demikian, Aris menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Belitung yang telah memberikan dukungan dalam penyusunan anggaran hibah Pilkada tahun 2024, yang sudah melalui proses pembahasan panjang bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Belitung.

“Pada intinya kami berterima kasih kepada pak Bupati, yang sudah mengawal proses panjang dalam penyusunan anggaran hibah Pilkada ini hingga akhirnya selesai, dan Senin kemarin sudah kita tandatangani secara bersama dengan beliau”, pungkas Aris. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦