DMI Cabang Belitung Gelar Kegiatan Shalat Subuh Keliling Yang Ke-168 Di Masjid Al Mabrur

BELITUNG, pradivanews.com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Cabang Belitung, Minggu (29/10/2023) subuh, menggelar kegiatan Shalat Subuh keliling dan ceramah agama yang diisi oleh Habib Ahmad Al Habsyi. Kegiatan Subuh keliling yang ke-168 ini berlangsung di Masjid Al Mabrur Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Kegiatan Subuh keliling DMI Cabang Belitung yang ke-168 ini juga dihadiri Sekda Pemkab Belitung H. MZ Hendra Caya, SE, MSi, perwakilan Forkopimda Belitung, Ketua IKADI Belitung Ustadz Riswanto, Ketua PC DMI Tanjungpandan Ustadz Edi Haryadi, pengurus DMI Cabang Belitung, tokoh agama Islam, serta pengurus Ormas Islam dan Jamaah Masjid Al Mabrur Tanjungpandan.

Subuh keliling merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh DMI Cabang Belitung dengan tujuan untuk meningkatkan silaturahmi serta memakmurkan masjid. Selain itu juga untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas Subuh di masjid agar tidak dimanfaatkan untuk kegiatan politik.

Namun berbeda dengan sebelumnya, kali ini usai Shalat Subuh dan ceramah agama tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan aksi solidaritas untuk Palestina di Bundaran Tugu Satam Pusat Kota Tanjungpandan. Dimana dalam aksi ini, peserta bergerak dari Masjid Al Mabrur dengan berjalan kaki menuju Bundaran Tugu Satam Tanjungpandan yang berjarak sekitar 500 meter.

Dalam sambutannya, Ketua DMI Belitung Ustadz Ibnu Haban, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Habib Ahmad Al Habsyi dan tamu undangan lainnya yang telah hadir dalam kegiatan Subuh keliling DMI Belitung yang ke-168 di Masjid Al Mabrur Tanjungpandan.

“Kegiatan ini untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kita, dan juga untuk memperkokoh persatuan umat muslim. Setelah kegiatan Subuh keliling ini, kita akan melaksanakan aksi solidaritas untuk Palestina yang dilaksanakan di Tugu Bundaran Satam. Aksi ini adalah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama umat muslim yang ada di Palestina”, sebut Ustadz Ibnu Haban.

Sementara itu, Habib Ahmad Al Habsyi dalam tausiyahnya menekankan pentingnya menyampaikan salam terlebih dahulu pada setiap pembukaan kegiatan. Oleh sebab itu para ulama harus mendahulukan salam dan wajib harus dijawab, karena orang yang tidak menjawab salam dapat dikategorikan kikir.

Selain itu Habib Ahmad Al Habsyi juga menekankan agar umat muslim harus memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, serta harus senantiasa menjaga diri dalam keadaan suci di dalam setiap aktivitas yakni dengan berwudhu.

“Kita juga harus peduli terhadap kaum muslimin yang ada di Palestina, kita harus ikut berjuang dalam membantu umat muslim di Palestina, dengan mendo’akan mereka dan tidak membeli produk-produk dari negara Israel”, ungkap Habib Ahmad Al Habsyi.

Usai ceramah agama yang disampaikan Habib Ahmad Al Habsyi, sekitar pukul 06.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan aksi solidaritas untuk Palestina di Bundaran Tugu Satam yang diikuti pengurus DMI dan Ormas Islam di Belitung dengan koordinator lapangan Ketua Aliansi Umat Islam Belitung (Antab) Suhardi Tiwar. (***)

Reporter : PR/TIM
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦