Sebanyak 26 Siswa-Siswi SMK Kehutanan Majalengka, Laksanakan PKL di Pulau Belitong

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 26 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Kadipaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/10/2023), mulai mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (UPTD KPHL) Belantu Mendanau Kabupaten Belitung dan UPTD KPHL Gunung Duren Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Acara pembukaan kegiatan PKL bagi siswa-siswi SMK Kehutanan Kadipaten Majalengka yang berlangsung di Balai Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau ini dibuka oleh Plt Kasi Perlindungan, KSDAE, Reklamasi Hutan dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan UPTD KPHL Belantu Mendanau, Bajuri, S.Psi.

Seremonial pembukan PKL ini juga dihadiri Sekdes Kacang Butor, staf Kecamatan Badau, Dukun Kampung Gunung Tajam, Ketua HKM Gurok Beraye, serta staf UPTD KPHL Belantu Mendanau.

Humas UPTD KPHL Belantu Mendanau, Agustiar (Yoyon) mengatakan, kegiatan PKL bagi Siswa-siswi SMK Kehutanan Kadipaten Majalengka ini akan berlangsung selama 42 hari ke depan. Selanjutnya, 26 siswa-siswi yang melaksanakan PKL tersebut akan dibagi ke dalam 2 lokasi penempatan.

“Jadi nanti, mereka akan melaksanakan PKL di dua lokasi, dari 26 orang ini bagi 2, sebanyak 13 orang ditempatkan di UPTD KPHL kita, di Desa Kacang Butor dan 13 orang lagi ditempatkan di UPTD KPHL Gunung Duren Desa Jangkar Asam, Kabupaten Beltim”, ungkap Yoyon kepada pradivanews.com melalui sambungan telepon, Kamis (19/10/2023) siang.

Menurut Yoyon, kegiatan PKL bagi siswa-siswi SMK Kehutanan Kadipaten Majalengka ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun ini, PKL ini diikuti oleh siswa-siswi kelas XII dari jurusan Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan (TIPH).

“Di acara pembukaan tadi, siswa-siswi SMK Kehutanan Kadipaten Majalengka ini didampingi 2 orang tenaga pendidik, ada pak Memet dan Ibu Fitri. Setelah acara pembukaan ini, mereka langsung ke lokasi penempatan, nanti selama PKL mereka tinggal di rumah penduduk setempat”, lanjut Yoyon.

Lebih lanjut Yoyon mengatakan, selama mengikuti kegiatan PKL di lokasi penempatannya tersebut, siswa-siswi SMK Kehutanan Kadipaten Majalengka akan mempraktekkan secara langsung ilmu dari mata pelajaran yang diperoleh di bangku sekolah.

“Kegiatan di lapangan nanti, mereka juga akan mempraktekkan pengukuran lahan, analis pemetaan, pengolahan data, dan ilmu kehutanan lainnya. Intinya melalaui PKL ini siswa-siswi harus banyak beinteraksi dengan masyarakat setempat secara langsung”, pungkas Yoyon. (***)

Reporter : Yudi AB
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦