Selamatan Laut Buang Jong Desa Keciput, Menggali Keindahan Budaya dan Tradisi Belitong

BELITUNG, pradivanews.com – Pemerintahan Desa (Pemdes) Keciput, Selasa (10/10/2023), menggelar prosesi adat selamatan laut Buang Jong, bertempat di Pendopo Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Ritual selamatan laut Buang Jong merupakan tradisi yang diwarisi secara turun menurun oleh masyarakat Suku Sawang di Pulau Belitong.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB ini diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Suku Sawang. Kemudian dilanjutkan dengan pelarungan miniatur kapal tradisional ke tengah laut, yang sudah berisi sesajian untuk dipersembahkan kepada penguasa laut, sebagai bentuk permohonan agar para nelayan diberikan hasil laut yang melimpah serta dijauhkan dari segala marabahaya.

Kepala Desa (Kades) Keciput Pratiwi Perucha (Icha) mengungkapkan, selamatan laut Buang Jong merupakan tradisi adat Suku Sawang yang rutin dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 10 Bulan Oktober, sebagai bagian dari peralihan ke musim pancaroba.

“Kami berharap generasi muda sekarang tahu ada tradisi ini, sehinga bisa menjaga kelestarian adat selamatan laut Buang Jong di Desa Keciput khususnya, ke depan kegiatan ini bisa dikemas menjadi atraksi dan paket wisata di Belitung”, ungkap Icha di lokasi kegiatan, Selasa (10/10/2023).

Menurut Icha, pelaksanaan selamatan laut Buang Jong pada tahun ini lebih meriah karena berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 ini Pemdes Keciput melibatkan semua Pemdes yang ada di Kabupaten Belitung, OPD, instansi, UMKM dan organisasi-organisasi lainnya, selama dua hari sebanyak tiga kegiatan.

“Jadi untuk tahun ini, berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun-tahun lalu hanya ritual Buang Jong saja, kali ini kami juga menggelar lomba kebudayaan yang diikuti siswa SD. Sedangkan besok malamnya akan ada pentas seni dari teman-teman karang taruna”, sebut Icha.

Untuk itu Icha berharap, pada tahun-tahun mendatang kegiatan selamatan laut Buang Jong Desa Keciput dapat menjadi sebuah agenda besar untuk pariwisata Kabupaten Belitung, yakni Festival Buang Jong dengan melibatkan seluruh instansi terkait.

“Di tahun-tahun mendatang, kami akan melakukan kolaborasi dengan OPD-OPD yang ada, agar Buang Jong ini dikemas menjadi Festival Buang Jong, sehingga tradisi Buang Jong ini akan menjadi salah satu paket wisata dan ini bisa kita jual”, pungkas Icha. (***)

Reporter : Usep MS
Editor : Yudi AB

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…