Atlet Beltim Peraih Medali Emas di Ajang Porprov Babel VI Akan Dapat Bonus Sebesar 30 Juta

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Para atlet Kontingen Belitung Timur (Beltim) peraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Porprov Babel) VI tahun 2023 di Bangka Barat, masing-masing memperoleh bonus sebesar Rp 30 juta. Diperkirakan bonus tersebut akan cair pada awal Oktober 2023 mendatang.

Selain atlet peraih medali emas, atlet peraih medali perak juga akan mendapat bonus sebesar Rp 15 juta, dan atlet peraih medali perunggu akan mendapat bonus sebesar Rp 7,5 juta. Sedangkan pelatih akan memperoleh bonus sebesar 40 persen dari perolehan medali atlet. Bonus para atlet berprestasi ini akan ditransfer ke rekening atlet dan pelatih.

Kepastian pencairan bonus ini diungkapkan Bupati Beltim Burhanudin (Aan) saat Pembubaran Kontingen Porprov Babel VI Kabupaten Beltim, Selasa (26/09/2023), di Auditorium Zahari MZ Manggar. Aan mengatakan DPRD Beltim telah menyetujui APBD Perubahan tahun 2023 Kabupaten Beltim, yang di dalamnya terdapat anggaran untuk bonus atlet Porprov.

“Alhamdulillah DPRD Beltim sudah ketuk palu. InShaaAllah bonus atlet akan segera cair. Tadi ketuk palunya, minggu depan akan dievaluasi oleh Provinsi”, kata Aan.

Aan mengakui jika selama ini ia tidak ingin menggembor-gemborkan bonus untuk atlet, apalagi sebelum keberangkatan atlet ke Bangka Barat. Sebab, hal tersebut akan membuat atlet hanya terobsesi untuk mendapatkan bonus.

Aan juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet, pelatih, official, serta panitia Kontingen Porprov Beltim, yang sudah memberikan kontribusi dalam mengharumkan nama Kabupaten Beltim. Menurutnya semuanya sudah memberikan yang terbaik untuk daerah.

“Kita kan ngejar prestasi bukan ngejar duit. Yang jelas Pemerintah sudah lama memikirkan ini, jangan rusak atlet kita dengan iming-iming duit. Terima kasih untuk semuanya, saya pribadi dan masyarakat Kabupaten Beltim bangga dengan perjuangan kawan-kawan semua”, sebut Aan.

Bangga Mayoritas Atlet Putra Daerah

Ketua Kontingen Beltim Khairil Anwar mengucapkan permohonan maaf atas perolehan medali Kabupaten Beltim pada Porprov VI tahun 2023 di Bangka Barat. Dimana Kabupaten Beltim hanya berada di posisi ke V dengan total perolehan 143 medali, terdiri 30 medali emas, 48 medali perak dan 65 medali perunggu.

“Intinya saya selaku Ketua dan Pak Idwan Fikri selaku Wakil Ketua Kontingen, banyak mohon maaf kepada masyarakat. Karena mungkin dari segi perolehan medali belum memuaskan”, ungkap Khairil.

Namun menurut Khairil, atlet dan pelatih yang berjuang di Porprov Babel VI sudah menunjukkan dedikasi yang tinggi. Apalagi atlet Kabupaten Beltim mayoritas diperkuat oleh warga Beltim.

“Harus bangga kita, atlet kita murni lokal. Dapat 5 besar itu hasil yang luar biasa, saya pribadi puas dengan komitmen dan capaian seluruh atlet”, lanjut Khairil.