PTGMI Beltim Gelar Baksos dan Bagikan Bingkisan Kepada 128 Siswa PLB

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Dewan Pengurus Cabang Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia Kabupaten Belitung Timur (DPC PTGMI Beltim), Senin (25/09/2023), menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) bagi siswa di Sekolah Pendidikan Luar Biasa Negeri Manggar, Beltim.

Kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 PTGMI ini mengangkat tema, meningkatkan kepedulian kesehatan gigi dan mulut dalam mendukung transformasi kesehatan sebagai Terapis Gigi dan Mulut (TGM) Peduli TGM Berbakti.

Dalam baksos ini, PTGMI Beltim melaksanakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi bersama, pemeriksaan gigi dan mulut, serta membagikan bingkisan kepada 128 siswa berkebutuhan khusus di sekolah tersebut.

Ketua DPC PTGMI Beltim Yeni Siswaty mengatakan, kegiatan baksos digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian TGM kepada sesama, sesuai dengan tema HUT ke-27 PTGMI. Kegiatan ini melibatkan 22 orang pengurus dan anggota PTGMI Beltim.

“Kita ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa, dalam upaya memelihara kesehatan gigi dan mulut secara dini. Tentunya di kemudian hari kegiatan ini dapat menjangkau lingkup yang lebih luas, yakni seluruh masyarakat Kabupaten Beltim, sehingga cita-cita PTGMI sebagai pengabdi masyarakat dapat terwujud”, kata Yeni.

Jika pelaksanaan kegiatan baksos PTGMI di tahun-tahun selanjutnya dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas, maka menurut Yeni pihaknya akan melibatkan tenaga kesehatan lainnya seperti perawat dan fisioterapis.

“Kita ada rencana untuk pemeriksaan fisik bagi anak-anak yang memerlukan terapi lanjutan, seperti terapi wicara, terapi kaki tangan dan lainnya. Kalau ada sponsor atau dukungan pemerintah, kita berikan bantuan bagi yang berkebutuhan khusus, dan juga ke sekolah-sekolah lainnya”, tukas Yeni.