Operasi Zebra Menumbing Digelar Selama 14 Hari, Ada 12 Sasaran Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel) termasuk Polres Belitung Timur (Beltim) akan menggelar Operasi Zebra Menumbing tahun 2023 selama 14 hari dimulai Senin tanggal 4 Sepetember sampai dengan Minggu tanggal 17 September 2023 mendatang.

Di wilayah hukum Polres Beltim, Operasi Zebra Menumbing ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Menumbing di halaman Mapolres Beltim, Senin (04/09/2023), dengan inspektur apelnya Bupati Beltim Burhanudin.

Dalam amanatnya, Burhanudin (Aan) mengatakan, apel dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas jelang HUT Lalu Lintas yang ke-68 tahun 2023. Apel juga untuk mengetahui kesiapan jelang pelaksanaan Pemilu damai tahun 2024.

“Sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan”, ungkap Aan saat membacakan sambutan Kapolda Babel Irjen Yan Sultra.

Operasi Zebra Menumbing tahun 2023 merupakan operasi kewilayahan yang sejalan dengan program prioritas Kapolri yang disebut Presisi, yakni Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan.

“Pada pelaksanaan Operasi Zebra Tahun ini diprioritaskan kegiatan penegakan hukum lalu lintas dengan didukung kegiatan yang bersifat edukatif, berupa kegiatan-kegiatan Dikmas lantas pada masyarakat agar mengetahui arti pentingnya keselamatan berkendara serta taat dan patuh aturan berlalu lintas”, lanjut Aan.

Ditambahkan Aan, target dan tujuan Operasi Zebra Menumbing yakni untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara dan menurunkan tingkat angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran dan kelengkapan kendaraan pribadi atau umum. Sekaligus juga pergelaran anggota Polantas di daerah-daerah black spot dan trobuble spot di wilayah hukum Polda Babel”, pungkas Aan. (rel)

Sasaran Penindakan Lalu Lintas Dalam Operasi Zebra Menumbing 2023 sbb:

  1. Bekendara melawan arus
  2. Menerobos Lampu Merah
  3. Berkendara di bawah umur
  4. Berboncengan lebih dari satu orang
  5. Tidak menggunakan helm SNI
  6. Berkendara dalam pengaruh alkohol
  7. Ranmor tidak sesuai spek
  8. Menggunakan handphone saat berkendara
  9. Ranmor tidak sesuai peruntukan
  10. Overload & overdimention
  11. Ranmor tanpa TNBK/TNBK palsu
  12. Melampaui batas kecapatan

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…