Hormati Etnis Tionghoa Laksanakan Sembahyang Rebut, Bupati Beltim dan Forkopimda Kunjungi Kelenteng Dharma Suci Manggar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Warga etnis Tionghoa di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rabu (30/08/2023) malam, menggelar ritual sembahyang rebut di sejumlah kelenteng. Salah satunya Kelenteng Dharma Suci Manggar yang juga dipadati pengunjung untuk melakukan ritual ibadah.

Kelenteng Dharma Suci Manggar tahun ini menggelar sembahyang rebut lebih meriah dibandingkan beberapa tahun yang lalu karena adanya pandemi Covid. Warga etnis Tionghoa ini dengan tertib silih berganti melaksanakan sembahyang, untuk mendoakan arwah leluhur serta memanjatkan doa.

Sebagai bentuk dukungan dan toleransi antar umat beragama, Bupati Beltim Burhanudin, Ketua DPRD Fezzi Uktolseja, Kapolres Beltim AKBP Arif Kurniatan, Camat Manggar Herri, bersama-sama hadir di Kelenteng Dharma Suci, yang berada di dekat pelabuhan Manggar.

Bupati Beltim Burhanudin (Aan) mengatakan, kehadirannya bersama Forkopimda Beltim di Kelenteng Dharma Suci adalah untuk bersilahturahmi dengan masyarakat Beltim terutama etnis Tionghoa yang sedang melaksanakan sembahyang rebut.

“Intinya kita saling silaturahmi, menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Beltim. Kita saling menghormati merupakan bentuk toleransi yang harus kita kembangkan di kehidupan masyarakat”, kata Aan di Kelenteng Dharma Suci Manggar.

Sementara itu, tokoh etnis Tionghoa Beltim yang juga pengurus Kelenteng Dharma Suci Manggar, Jimmy Tjong mengaku sangat bersyukur atas kunjungan Bupati Beltim bersama Forkopimda di tempat ibadah umat Tionghoa, termasuk memberikan keamanan dari aparat TNI/Polri.