Alami Sakit Lambung dan Muntah-Muntah, Penumpang KMP Srikandi Line Harus Dievakuasi Tim SAR Gabungan

PANGKALPINANG, pradivanews.com – Satu orang penumpang KMP Srikandi Line di perairan Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Kamis (17/08/2023), mengalami kondisi sakit pada lambung serta mengalami muntah-muntah. Korban bernama Nopiandi (35) ini harus segera dievakuasi karena membutuhkan medic evacuation (medivac).

Informasi Penumpang KMP Srikandi Line dalam kondisi sakit ini diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kantor SAR) Pangkalpinang sekitar pukul 08.10 WIB. Mendapat informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang langsung membuka Operasi SAR Gabungan untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

Selanjutnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang memberangkatkan 1 Tim Rescue menuju lokasi KMP Srikandi Line yang sedang lego jangkar di perairan Pantai Pasir Padi,.akibat air laut dalam kondisi surut sehingga menyebabkan kapal tidak bisa masuk ke Pelabuhan Pangkalbalam.

Upaya evakuasi terhadap penumpang KMP Srikandi Line ini didukung oleh beberapa stackholder terkait yakni TNI AL, KSOP Pangkalbalam, KKP Pangkalbalam, KPLP Pangkalpinang, KP3, Pelindo, Sakasar Pangkalpinang dan Agen KMP Srikandi Line.

Proses evakuasi menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas Pangkalpinang, serta didukung juga dengan Sekochi dari KPLP. Setibanya di KMP Srikandi Line pada pukul 9.23 WIB, Tim SAR Gabungan segera menangani korban dibantu oleh Tim Medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkalbalam.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan, penanganan terhadap korban sempat terhambat akibat kondisi gelombang yang besar. Namun akhirnya korban berhasil dipindahkan ke RIB Basarnas, kemudian segera dievakuasi menuju Pelabuhan Pangkalbalam.

Dikatakannya, dengan berhasilnya evakuasi terhadap korban tersebut maka Operasi SAR Gabungan resmi ditutup. Menurutnya keberhasilan Operasi SAR Gabungan ini merupakan kerjasama yang baik antar stackholder yang ada di Bangka Belitung, sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Saya mewakili seluruh jajaran Basarnas mengucapkan terimakasih atas bantuan saudara-saudara dan rekan-rekan yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam Operasi SAR Gabungan yang berada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang”, tukas I Made Oka Astawa. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦