Bupati Beltim Kukuhkan 78 Duta GenRe, Diharapkan Dapat Membantu Percepatan Penurunan Stunting

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 78 Duta Generasi Berencana (GenRe) dikukuhkan Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, Rabu (08/09/2023), dalam kegiatan puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 yang berlangsung di Aula Kantor Camat Manggar, Beltim.

Menurut Burhanudin (Aan), usai pandemi Covid-19 melanda, peringatan Harganas ke-30 merupakan yang pertama kali digelar Kabupaten Beltim. Peringatan Harganas bertujuan untuk menyemangati kembali para Pelaksana KB dan kesehatan, untuk mendukung berbagai upaya pemerintah di bidang pembangunan manusia.

Dikatakan Aan, berbagai upaya tersebut dimulai dari penanggulangan stunting, mengatasi kenakalan remaja, pengendalian penduduk hingga pencegahan nikah usia dini melalui Duta GenRe.

“Kita ingin kembali membranding, memberikan semangat baru kepada seluruh PPL KB dan Kesehatan yang ada. Supaya mereka lebih aktif berperan untuk mendukung kegiatan pemerintah”, ungkap Aan.

Aan pun berharap para penyuluh lapangan akan mengajak orang tua di Kabupaten Beltim menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya, dengan melakukan komunikasi dan pendekatan keluarga.

“Yang terpenting marilah kita sebagai orang tua menjadi contoh terbaik bagi anak-anak kita. Jangan hukum mereka dengan kata-kata yang tidak senonoh, dan membuat mereka hilang semangat, tapi semangati mereka agar dapat menjadi genarasi emas di masa mendatang”, tegas Aan.

Sementara itu Kepala Dinas kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim M. Yulhaidir mengatakan, dengan adanya Duta GenRe di tingkat desa dapat membantu percepatan penurunan stunting di Kabupaten Beltim.

“Stunting tidak terlepas dari persoalan hulunya yakni di tingkat remaja. Karena remaja berpengaruh pada usia perkawinan”, jelas