Perkuat Konsolidasi dan Samakan Persepsi, Bawaslu Belitung Gelar Rapat Fasilitasi Sentra Gakkumdu Pada Tahapan Pencalonan

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Senin (31/07/2023), menggelar Rapat Fasilitasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada Tahapan Pencalonan Presiden dan wakil Presiden beserta Anggota DPR, DPD, dan DPRD pada Pemilu tahun 2024, bertempat di Hotel BW Suite Belitung.

Kegiatan yang dibuka oleh Anggota Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel) Novrian ini, dihadiri peserta antara lain Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) beserta staf dari 5 kecamatan, staf Bawaslu Kabupaten Belitung, perwakilan Kejaksaan Negeri Belitung, perwakilan Polres Belitung, dan KPU Kabupaten Belitung, serta tamu undangan lainnya.

Menurut Novrian, dilaksanakannya kegiatan Rapat Fasilitasi Gakkumdu sebagai langkah awal Bawaslu sebagai motor utama penggerak koordinasi, dalam upaya pencegahan terjadinya pelanggaran yang berpotensi kepada tindak pidana Pemilu (TPP) pada tahapan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD dan DPRD pada pemilu 2024.

“Artinya di dalam proses pencalonan ini sebenarnya ada potensi-potensi pidana, misalnya pemalsuan dokumen, kemudian penyelenggara yang tidak menjalankan temuan Bawaslu, itu semuanya ada potensi pidananya. Nah dengan adanya kegiatan seperti ini, harapannya kita untuk mencegah, agar tidak terjadi hal-hal demikian”, sebut Novrian usai membuka kegiatan, Senin (31/07/2023).

Rapat Fasilitasi ini juga dimaksudkan sebagai ajang untuk saling mengenal antara jajaran Bawaslu dengan jajaran Kejaksaan dan Kepolisian yang masuk dalam Sentra Gakkumdu, sehingga koordinasi dapat berjalan dengan baik. Selain itu, juga untuk menyamakan persepsi dalam pemahaman aturan terkait potensi-potensi pelanggaran yang dilakukan saat profiling calon.

“Kita harapkan ke depannya, untuk profiling calon ini dalam rangka kita untuk memastikan bahwa calon-calon tersebut syaratnya lengkap dan benar. Tidak hanya lengkap tapi harus benar. Makanya hari ini kita undang dari Sentra Gakkumdu dan Pengawas Kecamatan. Karena Pengawas Kecamatan inilah yang terjun melakukan profiling calon”, tukas Novrian.

Senada, Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rina Dardini mengatakan, Rapat Fasilitasi dilaksanakan guna memperkuat konsolidasi, koordinasi untuk penyamaan persepsi dan pemahaman dalam pola penanganan TPP antara Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian di Kabupaten Belitung.

“Untuk awal ini khusus dalam tahapan Pencalonan Presiden Wakil Presiden, anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, dengan menginventarisir potensi dugaan TPP yang bersifat mutakhir dan berbasis teknologi dalam proses penyelenggaraan Pemilu tahun 2024”, ungkap Rina.

Kegiatan Rapat Fasilitasi Sentra Gakkumdu pada tahapan Pencalonan ini dibagi dalam 3 tahap materi yakni pertama, materi sinkronisasi data hasil profiling daftar Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Belitung pada pemilu tahun 2024, yang disampaikan narasumber dari Bawaslu Kabupaten Belitung.

Materi kedua, diskusi panel tentang pemetaan potensi masalah, strategi pencegahan, dan mitigasi terhadap dugaan pelanggaran dan TPP pada tahapan Pencalonan yang disampaikan narasumber dari Bawaslu Provinsi Babel, Bawaslu Kabupaten Belitung, Polres Belitung, dan Kejaksaan Negeri Belitung.

Materi ketiga terkait inventarisir potensi masalah pada tahapan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, dan DPRD yang disampaikan narasumber dari Bawaslu Provinsi Babel, dan Bawaslu Kabupaten Belitung. (red)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦