Presentasi Tenggelamnya Kapal Tek Sing Antarkan Pemkab Belitung Raih Juara 1 Stand Kreatif

BELITUNG, pradivanews.com – Mengangkat presentasi tenggelamnya Kapal Tek Sing, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Prokopim Setda) Kabupaten Belitung meraih juara pertama stand terbaik kategori kreatif dalam ajang Pameran Aplikasi Otonomi Expo (AOE) tahun 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di Hall 3 dan 3A Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten ini secara resmi dibuka Wakil Presiden RI K.H. Ma’aruf Amin, pada Kamis (20/07/2023) lalu. Acara ini dikunjungi para buyer dan investor dari dalam maupun luar negeri, serta masyarakat umum.

AOE tahun 2023 yang berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 20 hingga 22 Juli 2023 lalu ini, Diikuti 172 peserta, terdiri dari 131 Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Kota/Pemerintah Provinsi, 2 Kementerian, 6 BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta/Nasional/Multinasional, 23 UMKM dan 10 kalangan media.

Bupati Belitung Sahani Saleh, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ. Hendra Caya, Asisten Bidang Administrasi, Kepala Dispora, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas PUPR, Kepala Inspektorat, serta Ketua dan Anggota Komisi 1 dan Komisi 2 DPRD Belitung hadir dalam acara Pembukaan AOE tahun 2023.

AOE merupakan event tahunan yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dalam rangka memfasilitasi daerah dalam mempromosikan sektor perdagangan, pariwisata dan investasi guna meningkatkan perekonomian daerah. AOE tahun 2023 juga merupakan kegiatan tahunan APKASI yang menjadi ajang untuk memperkenalkan potensi-potensi secara lebih luas bahkan mendunia.

Pada AOE tahun 2023, stand pameran Kabupaten Belitung mengangkat presentasi kapal Tek Sing yang merupakan bagian dari catatan sejarah kapal tenggelam di perairan Belitung tahun 1822, yang mengangkut sejumlah barang kargo keramik, sutra serta rempah-rempah yang kemudian menjadi sejarah penemuan harta karun terbesar di perairan Belitung.

Eksistensi Kapal Tek Sing di masa lampau ini disandingkan dengan kondisi Belitung saat ini, yang sarat dengan berbagai potensi produk unggulan daerah, seperti produk hasil pertanian dan perkebunan, pertambangan (kaolin/tanah liat), perikanan dan kelautan, pariwisata, kriya, fashion, kuliner khas daerah, hingga produk kerajinan dari beberapa UMKM lokal yang telah memiliki sertifikasi.

Belitung masa lalu, masa kini dan untuk masa mendatang terhubung dalam satu lintasan sejarah dengan teknologi sebagai alat untuk memasarkan berbagai produk dan unggulan daerah dalam Aplikasi WAUU (Wonderful, Artistik, Unic, Unforgettable) Belitung. Para buyer dapat memesan langsung dari produsen melalui aplikasi ini dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi dimaksud di google store.

Pada hari pertama dan kedua, presentasi stand Kabupaten Belitung disemarakkan dengan promosi kuliner khas Belitung yaitu free test food Gangan, Ayam Bumbu Ketumbar dan Cumi serta ketam isi, kepada para pengunjung. Pada hari ketiga, Pemkab Belitung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempertunjukkan kreasi Medley Tari Belitung oleh Sanggar Pelita yang memukau pengunjung secara langsung.