Perkuat SDM, Kantor SAR Pangkalpinang Gelar Pelatihan Jungle Rescue di Bukit Maras Bangka

BANGKA, pradivanews.com – Guna memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Rescuer, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kantor SAR) Pangkalpinang kembali menggelar pelatihan teknik pertolongan di gunung hutan (Jungle Rescue) di Bukit Maras, Kabupaten Bangka.

Pelatihan Jungle Rescue yang berlangsung selama dua hari, sejak Rabu (26/07/2023) hingga Kamis (27/07/2023) ini diikuti oleh 22 orang pegawai Kantor SAR Pangkalpinang. Sebelumnya, pelatihan secara teori sudah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Juli 2023 lalu di Kantor SAR Pangkalpinang.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengembangkan, serta meningkatkan dan merefresh kembali materi Jungle Rescue yang telah diberikan sebelumnya di Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) para personil Pranata Pencarian dan Pertolongan.

“Mengingatkan kembali, beberapa kali Operasi SAR yang ditangani Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, salah satunya yaitu orang hilang di hutan. Sehingga perlu diadakan kembali pelatihan ini, dengan harapan dapat mengembangkan kualitas SDM pencarian dan pertolongan dalam penanganan operasi pencarian dan pertolongan di satuan gunung hutan”, kata I Made Oka Astawa melalui release, Kamis (27/07/2023).

Menurut I Made Oka Astawa, personil yang terdiri dari perwakilan Rescuer Kanstor SAR Pangkalpinang, Unit Siaga SAR Muntok dan Unit Siaga SAR Toboali, serta Saka SAR yang selama ini selalu hadir dalam Operasi SAR perlu dibekali kembali pelatihan tersebut.

“Dalam pelatihan ini, materi yang diberikan yaitu Navigasi Darat, ESAR, dan Medis Evacuation. Dengan diberikannya materi tersebut, semoga para rescuer dapat mengingat kembali materi-materi dasar dalam Operasi SAR Jungle Rescue”, pungkas I Made Oka Astawa. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦