Raihan, Asal Belitung Berhasil Lolos Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara dan Akan Tampil di Istana Negara

BELITUNG, pradivanews.com – Raihan Oktajaya (20) warga Jalan Pak Mangga Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, berhasil lolos dalam audisi tahap II Orkestra Gita Buana Nusantara (GBN) tahun 2023. Selanjutnya Raihan yang dinyatakan terpilih sebagai Anggota Orkestra GBN 2023 akan tampil di Istana Negara Jakarta.

Keberhasilan putra pertama dari pasangan bapak Syumanjaya dan ibu Netty Hafiah ini, sudah diumumkan oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) tentang hasil audisi tahap II Orkestra Gita Buana Nusantara tahun 2023.

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan berdasarkan penilaian audisi tahap II (luring) yang dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 25 mei 2023 di Yogyakarta, dan tanggal 30 Mei 2023 di Jakarta, maka ditetapkan sebanyak 64 orang peserta yang lolos audisi tahap II Orkestra Gita Bahana Nusantara tahun 2023.

Audisi tahap II tersebut melibatkan sebanyak 5 orang tim penilai antara lain, Purwa Tjaraka seorang Komposer dan Praktisi Musik, Haris Wahyudi seorang Praktisi Musik, Amiruddin Sitompul seorang Dosen dan Praktisi Musik, Nino Ario Wijaya seorang Praktisi Musik, dan Alvin Witarsa seorang Praktisi Musik.

64 peserta yang telah dinyatakan lolos berdasarkan keputusan tim penilai bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat ini selanjutnya dinyatakan terpilih sebagai Anggota Orkestra Gita Bahana Nusantara tahun 2023, dan selanjutnya wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Gita Bahana Nusantara tahun 2023.

Mahasiswa semester 7 Jurusan Pendidikan Seni Musik di UPI Bandung ini mengatakan, peserta yang lulus audisi akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan selama 17 hari, sebelum ditampilkan pada berbagai acara kenegaraan di Istana Merdeka dan Gedung DPR/MPR RI, pada Bulan Agustus mendatang.

“Nanti akan ditampilkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Jakarta, di acara Kenegaraan di Gedung DPR/MPR-RI Jakarta, juga direncanakan untuk tampil pada pergelaran Konser Kemerdekaan di Ruang Publik”, sebut Raihan kepada pradivanews.com, Kamis (13/07/2023).

Tujuan audisi Orkestra GBN tahun 2023 yakni membentuk Tim Paduan Suara dan Orkestra yang handal yang berakar dari keanekaragaman budaya nusantara, meningkatkan jumlah apresiator seni musik tanah air dan mancanegara.menjaring bakat di kalangan generasi muda, khususnya seni musik; meningkatkan kapasitas generasi muda dalam bidang seni suara dan seni musik, terselenggaranya pergelaran GBN dalam acara kenegaraan di Istana Merdeka dan Gedung DPR/MPR RI.