Kantor SAR Pangkalpinang Gelar Uji Periodik Bagi Tenaga Pencarian dan Pertolongan

PANGKALPINANG, pradivanews.com – Guna meningkatkan profesionalitas dan kompetensi rescuer, Kantor SAR (Kansar) Pangkalpinang menggelar uji periodik selama 4 hari sejak tanggal 11 hingga 14 Juli 2023, bagi tenaga pencarian dan pertolongan yang ada di Kansar Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Kepala Kansar Pangkalpinang, I Made Oka Astawa, SH, MSi mengungkapkan, Basarnas merupakan leading sektor dalam bidang pencarian dan pertolongan. Oleh sebab itu keberhasilan pelaksanaan operasi SAR tergantung dari sumber daya yang dimilikinya serta kompetensi SDM yang memadai.

“Untuk meningkatkan efektifitas pencarian dan pertolongan, perlu dilakukan pemeliharaan, pengembangan, dan peningkatan profesionalisme dan kompetensi tenaga pencarian dan pertolongan”, ungkap I Made Oka Astawa melalui release Kansar Pangkalpinang, Rabu (12/07/2023).

Menurut I Made Oka Astawa, pada kegiatan uji periodik kali ini Kansar Pangkalpinang dipilih oleh Direktorat Bina Tenaga Basarnas, untuk pengujian secara luring dengan materi uji kebugaran jasmani, tes tertulis pengetahuan umum, pertolongan di permukaan air, dan medical first responder.

“Kepada para rescuer dan ABK, laksanakan uji periodik ini dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Lakukan yang terbaik untuk instansi kita, khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang”, sebut I Made Oka Astawa.

I Made Oka Astawa menambahkan, melalui uji publik tersebut diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas dan kompetensi bagi tenaga pencarian dan pertolongan di Kansar Pangkalpinang dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

“Mudah-mudahan uji periodik ini bisa meningkatkan profesionalisme dan kompetensi rekan-rekan rescuer semua, sesuai dengan tugas rekan-rekan semua”, pungkas I Made Oka Astawa. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦