Sebanyak 310 Atlet Bulutangkis Ikuti Kejuaran PBSI Belitung Timur Open se-Babel 2023

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, Senin (19/06/2023), secara resmi membuka Kejuaran Bulutangkis piala PBSI Belitung Timur Open se-Babel 2023, ditandai dengan pemukulan shuttlecock bertempat di GOR Utama Komplek Olahraga Dispora Kabupaten Beltim.

Kejuaraan PBSI Belitung Timur Open se-Babel tahun 2023 ini diikuti oleh 310 atlet Bulutangkis dari berbagai klub di kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hadir dalam acara pembukaan, Ketua KONI Beltim Kamarudin, Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim Febby Sandranita, serta pengurus PBSI dari kabupaten/kota se-Babel.

Ketua PBSI Kabupaten Beltim Sarjano mengatakan, kejuaraan Bulutangkis tersebut diikuti oleh 20 klub Bulutangkis yang ada di Provinsi Babel. Sedikitnya, masing-masing kabupaten/kota mengirimkan satu klub Bulutangkisnya.

“Semua kabupaten/kota di Babel ini ikut. Kita menggunakan sistem kompetisi gugur, selama 5 hari sampai ke final”, kata Sarjano.

Pertandingan menggunakan 6 Nomor Kategori Usia, yakni Tunggal Usia Dini, Tunggal Anak-Anak, Tunggal Pemula, Tunggal Remaja, Tunggal Taruna dan Ganda Umum.

“Semuanya untuk Putra dan Putri. Paling banyak peminat di nomor Kelompok Usia Tunggal Pemula Putra yakni 45 orang”, sebut Sarjano yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim ini.

Sarjono menambahkan, seluruh atlet yang ikut kejuaraan secara otomatis identitasnya akan tercatat sebagai atlet PBSI Pusat. Mengingat dalam kompetisi ini menggunakan Sistem Informasi PBSI.

“Ini baru pertama kalinya di Provinsi Babel. Jadi yang mendaftar dalam kejuaraan ini masuk datanya ke dalam Sistem Informasi PBSI Pusat”, jelas Sarjano.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Babel Johan Daniel mengatakan, biasanya kejuaraan yang digelar PBSI kabupaten/kota tertutup untuk atlet yang ada di daerah tersebut. Namun di era kepemimpinannya, seluruh PBSI melakukan gebrakan dengan menggelar kejuaraan terbuka untuk atlet seluruh Provinsi.

“Kita buat gebrakan. Kita bisa liat 310 peserta, ternyata animo masyarakat untuk ikut sangat tinggi, dari usia anak-anak sampai yang sudah vetaran ikut”, ungkap Johan.

Menurut Johan, usai kejuaraan ini Pengprov PBSI akan menggelar Kejuaraan tingkat Provinsi di Belitung. Dia pun berharap agar PBSI di seluruh Babel dapat menggelar kejuaran bulutangkis, supaya minat, semangat serta pengalaman tanding atlet terus meningkat.

“Kita ingin saat libur ini diisi dengan kegiatan positif seperti kejuaraan, terutama untuk menambah jam terbang tanding atlet”, pungkas Johan. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…