Setelah 40 Tahun, Pramuka Kwarcab Belitung Kembali Terpilih Ikuti Ajang Berskala Nasional

BELITUNGpradivanews.com – Setelah 40 tahun berlalu, akhirnya Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Belitung kembali tampil di ajang kompetisi berskala nasional. Kwarcab Belitung ini bakal tampil dalam Lomba Tingkat V (LT V) tahun 2023 pada tanggal 17 hingga 23 Juni 2023 mendatang.

Sekretaris Kwarcab Belitung, Hendri Suzanto dalam acara pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Penggalang Kwarcab Belitung mengatakan, dalam catatan sejarah ke-Pramukaan di Kabupaten  Belitung, Kwarcab Belitung terakhir kali mengutus kontingen untuk mengikuti ajang LT V pada tahun 1982 atau 40 tahun yang lalu.

“Ini salah satu prestasi membanggakan dan cukup menggembirakan yang telah dicapai Kwarcab Belitung. Terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama bagi orang tua anggota kontingen yang telah memberikan support bagi anak-anaknya, hingga Kwarcab Belitung bisa mengikuti ajang LT V Tahun 2023 ini”, kata Hendri, Selasa (13/06/2023).

Dijelaskan Hendri, Lomba Tingkat merupakan ajang paling bergengsi dalam dunia ke-Pramukaan, untuk kompetisi uji ketangkasan dan keterampilan yang dilombakan secara utuh. Menurutnya ajang LT tersebut hanya dilaksanakan pada golongan Pramuka Penggalang.

“Dimulai dari LT I di tingkat Gudep atau sekolah, LT II di tingkat Kwartir Ranting atau kecamatan, LT III di tingkat Kwarcab atau kabupaten, LT IV di tingkat Kwarda atau Provinsi, dan LT V di tingkat Kwarnas atau se-Indonesia”, jelas Hendri.

Pada ajang LT V tahun 2023 yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Nasional (Kwarnas) di Bumi Perkemahan Cibubur ini, Kwarcab Belitung kembali terpilih mewakili Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Provinsi Bangka Belitung (Kwarda Babel). Pelepasan Kontingan Gerakan Pramuka Penggalang Kwarcab Belitung yang ikut LT V ini dilakukan oleh Bupati Belitung, Selasa (13/06/2023).