Partai Garuda Dinyatakan Lengkap Dan Diterima, Total 17 Parpol Divermin KPU Belitung

Lebih lanjut dikatakan Soni, memanfaatkan masa perbaikan tersebut Partai Garuda pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2023 lalu, mengajukan Bakal Calon DPRD Kabupaten Belitung untuk satu Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Dapil Belitung Satu. Meskipun dalam hal ini pengajuan Bakal Calon di Dapil Belitung Satu tersebut tidak memenuhi kuota sebanyak 8 Calon.

“Nah, dengan adanya SE 495 dan SE 496 ini Partai Garuda diuntungkan. Di masa perpanjangan perbaikan 5×24 jam tersebut mereka mengajukan Bakal Calon, walaupun dalam hal ini tidak mengajukan seluruh Dapil, mereka hanya mengajukan untuk Dapil Belitung satu. Dan ini pun tidak maksimal sesuai kuota, karena hanya 3 calon yang diajukan, namun keterwakilan perempuannya terpenuhi”, lanjut Soni.

Menurut Soni, SE KPU RI Nomor 495 dan SE KPU RI Nomor 496 tidak mengakomodir Partai Politik yang tidak memanfaatkan masa pengajuan Bakal Calon di tanggal 1 sampai 14 Mei 2023, dengan datang mengisi registrasi, menyerahkan berkas walaupun belum lengkap, serta klarifikasi ke KPU Kabupaten Belitung.

“Kalaupun ada pertanyaan kenapa ada Partai Politik yang tidak diterima pengajuan Bakal Calonnya, itu dikarenakan partai yang bersangkutan pada masa 1 sampai 14 Mei, tidak datang mengisi registrasi, menyerahkan, atau tidak memberikan klarifikasi kepada KPU Kabupaten Belitung”, ungkap Soni.

Partai Buruh

Ditegaskan Soni, penekanan dari isi SE KPU RI Nomor 495 dan SE KPU RI Nomor 496 tersebut hanya berlaku bagi Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024 yang datang ke KPU Kabupaten Belitung pada masa pengajuan Bakal Calon di tanggal 1 sampai 14 Mei 2023.

“Jadi penekanannya bagi partai yang datang pada masa 1 sampai 14 Mei, agar bisa mengikuti SE 495 dan SE 496. Kalau tidak datang di masa 1 sampai 14 Mei, maka SE itu tidak berlaku baginya. Karena memang tidak ada satu berkas pun yang disampaikan ke KPU Kabupaten Belitung”, tegas Soni.

Ditambahkan Soni, dari 18 Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024 yang ada di Kabupaten Belitung, terdapat satu Partai Politik yakni Partai Buruh yang tidak sama sekali memanfaatkan masa pengajuan Bakal Calon DPRD Kabupaten Belitung di tanggal 1 sampai 14 Mei 2023 ke KPU Kabupaten Belitung.

“Kalau Partai Buruh ini, dari tanggal 1 sampai 14 Mei tidak ada sama sekali datang, mengisi registrasi, menyerahkan berkas, mengisi Silon, Melakukan sinkronisasi antara LO dengan KPU, maupun klarifikasi. Mereka datang itu pada tanggal 16 Mei, artinya setelah masa 1 sampai 14 Mei, sehingga hal ini tidak sesuai dengan isi kedua SE KPU RI tersebut”, pungkas Soni. (red)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…