Alami Peningkatan Hasil Budidaya, Tahun Ini Pemkab Belitung Targetkan Ekspor 125 Ton Ikan Kerapu Hidup

BELITUNG, pradivanews.com – Seiring dengan permintaan beberapa negara konsumen yang mengalami peningkatan pada setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten Belitung menargetkan ekspor ikan Kerapu hidup hasil budidaya sebanyak 125 ton pada tahun 2023.

Hal ini diungkapkan Kapala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (17/05/2023). Menurut Firdaus, dilihat dari permintaan pasar yang saat ini cukup besar, negara yang menjadi sasaran utama untuk ekspor ikan Kerapu hidup yakni Hongkong.

Dikatakan Firdaus, ada beberapa jenis ikan Kerapu hidup hasil budidaya yang menjadi prioritas untuk diekspor sesuai dengan permintaan pasar dari beberapa negara konsumen tersebut, yang hingga saat ini masih cukup tinggi.

“Untuk tujuan negara ekspor yakni HongKong, kalau untuk budidaya ikan Kerapu yang menjadi prioritas ada beberapa jenis seperti, Kerapu Cantang, Kerapu Cantik, Kerapu Sunuk, Kerapu Lumpur dan Kerapu Timun”, ungkap Firdaus.

Lebih lanjut Firdaus menjelaskan, untuk pengiriman pada tanggal 12 Mei 2023 lalu, Kabupaten Belitung berhasil mengekspor ikan Kerapu hidup hasil budidaya sebanyak 14 ton untuk sekali pengiriman. Untuk itu ia berharap target ekspor ikan Kerapu hidup pada tahun 2023 akan terealisasi.

Sedangkan untuk jenis ikan Kerapu hidup yang diekspor tersebut yakni jenis ikan Kerapu Cantang sebanyak 4.000 Kg, ikan Kerapu Cantik sebanyak 6.000 Kg, ikan Kerapu Sunuk sebanyak 3.000 Kg, ikan Kerapu Lumpur sebanyak 500 Kg, ikan Kerapu Timun sebanyak 500 kg.

“Melihat dari data pengiriman selama ini, InShaaAllah pada tahun ini juga target pengiriman ikan Kerapu sebesar 125 ton tersebut bisa tercapai, karena hingga bulan Mei kemarin saja total yang sudah diekspor ini mencapai 57 ton”, sebut Firdaus.

Masih menurut Firdaus, saat ini budidaya ikan Kerapu di Kabupaten Belitung sangat menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil panen yang mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Belitung, melalui Dinas Perikanan sangat mendukung masyarakat yang memiliki usaha budidaya ikan tawar maupun budidaya ikan laut.

“Budidaya ikan Kerapu ini sangat menjanjikan jika dilihat dari hasilnya yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dan sejauh ini kami sangat mendukung masyarakat pembudidaya ikan air tawar maupun ikan laut”, kata Firdaus.

Dengan melihat tingginya permintaan ikan Kerapu dari beberapa negara konsumen, serta meningkatnya hasil budidaya ikan Kerapu saat ini, Firdaus berharap agar Kabupaten Belitung dapat menjadi daerah penghasil budidaya ikan Kerapu hidup terbesar di Indonesia.

“Jika kedepannya masyarakat sudah banyak menjadi pembudidaya ikan Kerapu ini, maka hasilnya juga akan terus mengalami peningkatan. Nah, saya sangat berharap jika Kabupaten Belitung ini nantinya menjadi penghasil budidaya Kerapu terbesar di Indonesia”, pungkas Firdaus. (red)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦