Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Dapil Belitung Satu Kembali Menjadi 3 Orang, Parpol Akan Diminta Lakukan Perbaikan

BELITUNG, pradivanews.com – Syarat 30 persen keterwakilan perempuan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Belitung Satu (Tanjungpandan A) pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024, kembali menjadi tiga orang seperti pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Sehingga komposisi Bakal Calon di Dapil Belitung 1, dari 8 orang tersebut yakni 5 orang pria dan 3 orang perempuan.

Hal ini diungkapkan Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar (Aris) kepada awak media, Sabtu (13/05/2023) petang di di Kantor KPU Belitung. Menurut Aris, berubahnya komposisi 2 orang kembali menjadi 3 orang di Dapil 1 tersebut dikarenakan adanya rilis KPU RI.

Rilis KPU RI tersebut berkaitan dengan perubahan PKPU Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, pasal 8 ayat (2). Perubahan tersebut khusus mengatur cara penghitungan 30 persen keterwakilan Bakal Calon perempuan di setiap Dapil.

Terkait dengan adanya rilis KPU RI tersebut, KPU Kabupaten Belitung sudah mengadakan rapat dan sosialisasi dengan mengundang secara mendadak Parpol peserta Pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung. Hal ini juga berkenaan dengan adanya beberapa Parpol yang sudah menyerahkan berkas Pengajuan Bakal Calon untuk Dapil Belitung 1 dengan jumlah Bakal Calon perempuannya 2 orang.

“Jadi dari rilis ini, kami sudah mengundang semua Parpol pada hari Rabu malam tanggal 10 Mei 2023 yang lalu, untuk menyampaikan adanya perubahan cara penghitungan untuk pembulatan bilangan pecahan dari hasil hitungan 30 persen tersebut”, sebut Aris.

Sebelumnya menurut Aris, KPU Kabupaten Belitung sudah melakukan sosialisasi PKPU Nomor 10 tahun 2023 Tentang Pencalonan DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota pada Rabu malam tanggal 19 April 2023 silam, khususnya tentang cara penghitungan 30 persen keterwakilan perempuan di setiap Dapil.

“Sebelumnya KPU Belitung sudah melakukan sosialisasi dengan sistem penghitungan angka pecahan untuk pembulatan kebawah, sehingga dapil Belitung satu terdapat 2 orang keterwakilan perempuan. Namun dengan adanya rilis ini, maka penghitungan bilangan pecahan tersebut dibulatkan ke atas. Sehingga keterwakilan perempuan di Dapil satu kembali menjadi 3 orang”, jelas Aris.

Oleh karena itu kata Aris, KPU Kabupaten Belitung akan meminta perbaikan kepada Parpol yang sudah menyerahkan berkas Pengajuan Bakal Calon dengan komposisi Bakal Calon perempuannya sebanyak 3 orang di Dapil Belitung satu. Perbaikan tersebut

“Parpol yang sudah menyerahkan berkas Pengajuan Bakal Calonnya dengan komposisi Dapil satu itu 6 orang pria dan 2 orang perempuan, ini yang akan kami minta untuk dilakukan perbaikan. Jadi nanti ada proses perbaikan”, ungkap Aris.

Setelah masa penerimaan berkas Pengajuan Bakal Calon, KPU Kabupaten Belitung akan melakukan verifikasi administrasi dari tanggal 15 hingga 26 Juni 2023. Selanjutnya, pada tanggal 26 Juni hingga tanggal 9 Juli 2023, KPU Kabupaten Belitung akan melakukan verifikasi perbaikan berkas.

“Nah di masa ini kami tunggu, perbaikan Pengajuan Bakal Calon oleh partai politik dengan 30 persen keterwakilan perempuan di Dapil satu, dari komposisi 2 orang Bacaleg perempuan menjadi 3 orang. Artinya Bacaleg pria yang awalnya 6 kembali menjadi 5, siapa yang ditarik atau dicoret itu ranah masingpmasing Parpol, kami hanya minta perbaikan komposisi agar keterwakilan 30 persen perempuan terpenuhi sesuai rilis KPU RI”, pungkas Aris. (red)

Rilis KPU RI Perubahan PKPU Nomor 10 tahun 2023 Pasal 8 Ayat (2)

Dapil Belitung Satu

Sumber: Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Belitung

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…