Pemkab Beltim Mulai Susun Arsitektur SPBE, Ditargetkan 4 Bulan Kedepan Rampung

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pemkab Beltim mulai melakukan Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Ditargetkan dalam tiga atau empat bulan ke depan seluruh dokumen Arsitektur dana Peta Rencana SPBE sudah rampung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo mengatakan, Arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

“Bagi Kabupaten Beltim penyusunan Arsitektur SPBE ini merupakan salah satu bentuk dokumen acuan, supaya kita bisa menjalankan atau melakukan implementasi SPBE. Kedepannya SPBE kita bisa jauh lebih baik lagi karena ini semacam pedoman”, kata Bayu saat Kick Off Meeting Penyusunan Asitektur SPBE di Ruang Rapat Bupati Beltim, Jum’at (12/05/2023).

Didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Gov Caesar Friadi Melawiandri, Bayu mengungkapkan penyusunan Arstitektur SPBE untuk Kabupaten Beltim baru dimulai tahun 2023 ini. Hal ini lantaran Arsitektur SPBE Daerah harus mengacu kepada Arsitektur SPBE Nasional.

“Sebenarnya kita sudah merencanakan tahun 2022 lalu, namun karena di Arsitektur SPBE Nasional sendiri baru ditetapkan di akhir tahun kemarin, Desember 2022, jadi kita harus menunggu itu dulu”, sebut Bayu.

Jika dokumen Arsitektur rampung maka akan meningkatkan nilai dari beberapa indikator yang ada di indeks SPBE. Setidaknya ada dua indikator dari 47 indikator akan terpenuhi.

Saat ini tingkat kematangan indikator tersebut berada di level 2, dengan adanya Arsitektur dan Peta Rencana SPBE, maka dengan otomatis akan meningkat menjadi level 3.