H-4 Pencoblosan, Logistik Pilkades Serentak Gelombang III Kabupaten Beltim Mulai Didistribusikan

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III Kabupaten Beltim, Senin (08/05/2023), mulai mendistribusikan logistik Pilkades. Hal ini mengingat pelaksanaan hari pencobosan Pilkades Serentak di Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar dan Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit akan berlangsung pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023 mendatang.

Penyerahan berbagai logistik mulai dari bilik suara, kotak suara, surat suara, formulir, tinta hingga wastapel portabel oleh Panitia Pilkades Kabupaten kepada panitia Pilkades Desa Kurnia Jaya dan Panitia Pilkades Desa Mentawak ini, berlangsung di Ruang Rapat Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Beltim.

Sebelum diserahkan, Panitia Pilkades kedua desa mengecek kesesuasian terkait jumlah seluruh logistik, sehingga sesuai dengan Berita Acara Penyerahan Logistik Pilkades. Penghitungan jumlah logistik yang akan diserahkan juga dibantu Forkopimda Beltim.

Untuk Desa Kurnia Jaya, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 3.763 orang, Panitia Pilkades menyiapkan 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan 4 bilik di tiap TPS. Sedangkan untuk surat suara sebanyak 3.857, termasuk 2,5 persen surat suara cadangan.

Sedangkan untuk Desa Mentawak, dengan mata pilih sesuai DPT sebanyak 3.002 orang, Panitia Pilkades menyiapkan sebanyak 8 TPS, dengan 4 bilik di tiap TPS. Sedangkan surat suara sebanyak 3.077, termasuk 2,5 persen surat suara cadangan.

Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar yang menyerahkan langsung logistik Pilkades menyampaikan ucapan terima atas kerja keras Panitia Pilkades di kedua desa. Khairil menekankan agar seluruh logistik yang diserahkan tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya sehingga pelaksanaan Pilkades berkualitas serta tidak ada kecurangan.

‚ÄúSinergisitas kita dalam pengamanan logistik ini sangat perlu. Oleh sebab itu kita sangat berterima kasih dengan seluruh elemen yang sudah mengamankan logistik ini, sehingga pada tanggal 11 Mei nanti tidak ada masalah lagi dan kita dapat memperoleh kades yang berkualitas”, kata Khairil.

Dari Pemkab Beltim, Khairil menyatakan tidak ada target khusus terkait tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades serentak Gelombang III tersebut. Namun ia berharap agar masyarakat yang menggunakan hak suaranya dapat hadir sebanyak mungkin.