Kadivpas Babel Cek Langsung Kesiapan Fasilitas Pelayanan Bagi WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan

BELITUNG, pradivanews.com – Dalam rangka pelaksanaan Tusi Pemasyarakatan baik Administrasi Pembinaan maupun Pengamanan, Selasa (11/04/2023), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Babel Sahata Marlen Situngkir, SH, M.Si melaksanakan monitoring ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Kunjungan Sahata Marlen Situngkir beserta tim Divisi Pemasyarakatan ke Lapas Kelas IIB Tanjungpandan tersebut, bertujuan untuk mengecek secara langsung persiapan dari dua fasilitas yang akan digunakan dalam meningkatkan pelayanan kebutuhan dasar bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama Bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Dua fasilitas yang dicek langsung oleh Sahata Marlen Situngkir yakni, pertama area dapur yang saat ini dalam proses pengajuan untuk Dapur Layak Higienis, terkait sanitasi dan higienis dapur serta bahan makanan yang disiapkan untuk buka puasa WBP. Kedua, pengecekan terhadap renovasi bangunan yang akan disiapkan sebagai Klinik Pratama.

Dalam kesempatan tersebut, Sahata Marlen Situngkir menyampaikan apresiasi kepada Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan dan Jajarannya, atas kinerja positif melalui kerja keras untuk mewujudkan pelayanan prima kepada WBP. Juga koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, sehingga progress Dapur Layak Higienis dan Klinik Pratama bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Kehadiran kami di Lapas ini, hanya untuk memastikan bahwa pelayanan kebutuhan dasar kesehatan dan makanan terpenuhi secara maksimal. Dari hasil monitoring ini tentu ada evaluasi, untuk perbaikan-perbaikan sehingga pelayanan dan pembinaan kepada WBP ini bisa maksimal tanpa kendala. Bulan suci Ramadhan ini bulan penuh kemulian, jadi kerja pun harus maksimal karena itu bagian dari ibadah”, sebut Marlen.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Mahendra Sulaksana, A.Md.IP, SH, MM mengatakan, pihaknya sedang fokus mengejar progress renovasi dari ruangan Klinik Pratama, berdasarkan hasil visitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.

“Kita rapikan dan kita lengkapi sebelum diresmikan. Target kami sebelum tanggal 27 April, baik secara kesiapan bangunan dan juga administrasi sudah lengkap, dan siap untuk diajukan di Ditjen Pemasyarakatan untuk dilaunching serentak pada hari Bhakti Pemasyarakatan”, ungkap Mahendra.

“Untuk peresmian, secara simbolis kami koordinasikan dan agendakan baik dengan Kanwil maupun Pemkab Belitung pada tanggal 4 Mei, akan diresmikan oleh Bupati Belitung tepatnya pada Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan”, sambung Mahendra.

Mahendra juga menegaskan, peningkatan pelayanan publik yang prima dengan metode Permudah, Perjelas, dan Pertegas menjadi komitmen pihaknya dalam melaksanakan tugas. Secara bertahap pihaknya akan melakukan perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan pelayanan tersebut.

“Tentunya ini untuk peningkatan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Alhamdulillah, sampai saat ini khususnya di Bulan suci Ramadhan, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dalam kondisi aman, kondusif dan terkendali”, pungkas Mahendra. (rel/*)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦