Deklarasikan Sebagai Desa Bebas Buang Air Besar Sembarang, Desa Bantan Menjadi Desa ODF ke-7 di Kecamatan Membalong

BELITUNG, pradivanews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bantan, Kamis (06/04/2023), menggelar kegiatan deklarasi desa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan atau desa Open Defecation Free (ODF), bertempat di ruang Serba Guna Desa Bantan, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Kepala Desa Bantan Suhandi mengatakan, Desa Bantan telah berhasil menyelesaikan sisa 30 kepala keluarga yang belum mendapatkan akses jamban sehingga menjadi desa ODF ke-7 dari 12 desa di Kecamatan Membalong.

“Alhamdulillah tahun ini bisa kami selesaikan semua dan menjadi desa ODF”, kata Suhandi saat menyampaikan kata sambutannya.

Menurut Suhandi, deklarasi desa ODF tidak lepas dari kerjasama semua pihak, termasuk perangkat desa mulai dari RT hingga Kadus, yang langsung turun tangan guna menyumbangkan tenaganya agar warga Desa Bantan mendapatkan akses jamban.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan bantuan atas deklarasi ODF Desa Bantan ini”, sebut Suhandi.

Usai memberikan sambutan, Suhandi memimpin seluruh RT dan Kadus se-Desa Bantan untuk mendeklarasikan dan melakukan penandatanganan komitmen bersama sebagai desa yang bebas dari perilaku buang air besar sembarangan atau ODF.

Sementara Itu Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos (Sanem) mengungkapkan, deklarasi desa ODF sangat penting bagi perkembangan kesehatan masyarakat, serta menjadi salah satu indikator penilaian terhadap suatu desa.

“ODF ini juga berkaitan erat dengan penanganan stunting yang menjadi salah satu program nasional”, ungkap Sanem.

Sanem juga mengapresiasi Pemdes Bantan serta perangkat desa lainnya, yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Desa Bantan sebagai desa yang semua warganya sudah memiliki akses terhadap fasilitas buang air besar.

“saya mengapresiasi kerja keras pemerintah Desa Bantan, dan berharap dengan ODF ini juga merubah prilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat”, pungkas Sanem. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …