Meski Pemasukan Menurun, Baznas Beltim Tetap Salurkan Santunan Ramadhan

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 20 santunan Ramadhan diserahkan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Belitung Timur (Baznas Beltim) untuk anak yatim piatu dan fakir miskin di Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Beltim.

Santunan Ramadhan tersebut diserahkan langsung Ketua Baznas Kabupaten Beltim Edi Febrianto kepada Camat Simpang Renggiang Adi Yusman, Rabu (29/03/2023), dalam kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim di Mesjid Al-Furqon Desa Air Madu, Kecamatan Simpang Renggiang.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Beltim Edi Febrianto, untuk santunan Ramadhan bagi mustahiq di Kabupaten Beltim pada tahun 2023, Baznas Beltim telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 juta. Penyerahan santunan dilakukan Baznas Beltim pada saat kegiatan Safari Ramadhan ke Kecamatan.

“Di Kecamatan Simpang Renggiang ini sebanyak 20 santunan, dengan alokasi 5 santunan setiap desanya. Setiap santunan kita memberikan Rp 250 ribu untuk setiap penerima zakat. Hanya Desa Baru Kecamatan Manggar yang kita alokasikan 10 santunan”, sebut Edi.

Edi mengungkapkan pendapatan zakat di Baznas Beltim mengalami penurunan di setiap tahunnya. Pada tahun 2021 lalu, Basnaz Beltim berhasil mengumpulkan Rp 500 juta, sedangkan di tahun 2022 turun menjadi Rp 400 juta.

“Dari tahun ke tahun terus turun, baik dari jumlah maupun pembayar zakat”, ungkap Mantan Komisioner KPU Beltim ini.

Padahal menurut Edi pemasukan zakat sangat penting, salah satunya untuk membantu biaya pengobatan warga. Hal ini mengingat banyaknya warga yang mengajukan proposal ke Baznas Beltim untuk meminta bantuan berobat ke luar Beltim.

“Banyak itu proposal yang mau berobat ke Jakarta, Palembang dan ke luar lainnya. Bantuan dari Baznas itu biasanya untuk membantu meringankan beban mereka saat berobat”, kata Edi.

Untuk itu Edi berharap agar Pemerintah Daerah melalui Bupati Beltim dapat mengarahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Beltim, untuk melakukan pembayaran zakat maal di Baznas Beltim.

“Kita mohon kepada Bupati untuk mengarahkan PNS untuk bayar zakat. Ke depan kita juga akan mengkoordinir infaq, sehingga pemasukan Baznas dapat bertambah”, pungkas Edi. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …