Kelompok HKm Seberang Bersatu Tabur Ratusan Kilogram Bibit Kerang

BELITUNG, pradivanews.com – Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu, Rabu (29/03/2023), menabur ratusan kilogram bibit kerang dara (Anadara Granosa) di area Wisata Gusong Bugis, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Sebelumnya, nelayan dan warga masyarakat Desa Juru Seberang sempat memanen keranf tersebut setiap hari dari pesisir pantai setempat, Total kerang yang dihasilkan mencapai 2 hingga 3 ton.

Dari hasil panen tersebut, kerang yang tidak lolos sortir karena ukurannya belum masuk ukuran pengiriman atau masih kecil, maka dilepas kembali dengan cara ditabur ke dalam wadah (tambak) yang ada di kawasan Wisata Gusong Bugis.

Ketua HKm Seberang Bersatu yang juga merupakan pengepul kerang dara, Marwandi mengatakan bahwa sumber daya alam di sepanjang pesisir pantai Desa Juru Seberang sangat melimpah, salah satunya kerang dara tersebut.

“Hasil tangkap nelayan Juru Seberang jenis kerang ini sangat melimpah, sayang sekali jika tidak bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik”, kata Marwandi.

Marwandi juga menyebutkan, pihaknya berupaya membantu masyarakat dengan cara menampung semua ukuran kerang yang dihasilkan nelayan. Kemudian pihaknya juga yang akan melakukan penyortiran terhadap ukuran kerang.

“Kita tampung semua ukuran, untuk kerang ukuran standar dapat langsung dikirim ke pembeli, sedangkan ukuran kecil ditampung di dalam tambak hingga ukurannya mencukupi standar pengiriman”, sebut Marwandi.

Marwandi berharap, kedepannya nanti HKm Seberang Bersatu dapat bekerja sama dengan masyarakat untuk mengembangkan budidaya kerang, sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta menambah penghasilan bagi masyarakat setempat. (red)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦