Kawal Hak Pilih, Bawaslu Belitung Gelar Apel Patroli Pengawasan

BELITUNG, pradivanews.com – Dalam rangka persiapan mengawal hak pilih pada pelaksanaan pemilu serentak 2024, Senin (27/02/2024), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung menggelar Apel Patroli Pengawasan, bertempat di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Belitung, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

Kegiatan yang diikuti seluruh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Belitung dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Tanjungpandan ini, dengan pembina apelnya Anggota Bawaslu Belitung Yerry Lorena, dan pemimpin apelnya Ahmad Fikri Maulidi.

Turut hadir dalam apel patroli pengawasan kawal hak pilih ini, Ketua Bawaslu Belitung Heikal Fackar, Anggota Bawaslu Belitung Rina Dardini, Koordinator Sekretariat Bawaslu Belitung Zainal Muttaqin, serta seluruh ASN dan Staf di lingkungan Bawaslu Belitung.

Dalam amanatnya, Yerry mengatakan apel patroli pengawasan kawal hak pilih digelar secara serentak di lingkungan Bawaslu di seluruh Indonesia pada hari Senin, tanggal 27 Februari 2023.

Yerry juga mengajak seluruh peserta apel agar dapat secara bersama-sama melaksanakan langkah-langkah strategis pengawasan terhadap hak pilih secara maksimal. Khususnya pada tahapan pemilu yang sekarang sedang berjalan yaitu pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

Lebih lanjut, Yerry menegaskan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya, mulai dari tahapan coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara dengan fokus sasaran pada mayarakat yang rentan kerawanan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomosili sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan orang yang telah meninggal dunia tapi masih tercatat dalam daftar pemilih.

“Dengan langsung mendatangi dan bersosialisasi kepada pemilih yang berpotensi hak pilihnya terabaikan, dan berpotensi hak pilihnya disalahgunakan, adalah salah satu langkah yang bisa di tempuh oleh jajaran pengawas dalam pelaksanaan patroli pengawasan kawal hak pilih ini”, pungkas Yerry. (red)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…