Percepat Digitalisasi Transaksi, Pemkab Beltim Gelar Sosialisasi Transaksi Non Tunai

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim), Kamis (16/02/2023), menggelar acara sosialisasi penerapan transaksi non tunai dalam pembayaran pajak maupun retribusi daerah, bertempat di Auditorium Zahari MZ Manggar, Beltim.

Sekretaris Daerah Pemkab Beltim Ikhwan Fahrozi usai membuka acara mengatakan, sosialisasi digelar sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mempercepat implementasi digitalisasi transaksi daerah.

“Ini bentuk keseriusan kita dalam melaksanakan digitalisasi transaksi keuangan atau yang biasa dikenal dengan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di daerah, melalui penerapan transaksi non tunai dalam pembayaran pajak maupun retribusi daerah”, sebut Ikhwan.

Ikhwan juga menjelaskan, pajak dan retribusi daerah memiliki peranan strategis dalam meningkatkan kemampuan keuangan daerah. Menurutnya, implementasi indeks ETPD Kabupaten Beltim meraih score 95,8 persen di level nasional untuk tingkat kabupaten.

“Pajak dan retribusi daerah ini salah satu sumber pendapatan asli daerah, yang penting dalam meningkatkan kemampuan keuangan daerah guna membiayai penyelenggaraan pemerintah daerah, yang diperuntukkan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”, jelas Ikhwan.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Beltim, Ira Elvia Kirana membenarkan indeks ETPD Kabupaten Beltim tahun 2022 meraih score 95,8 persen tahap digital.

Menurutnya, berdasarkan data Bank Indonesia per 31 Desember 2022, Kabupaten Beltim menempati nomor 2 se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan nomor 14 se-Indonesia untuk kategori kabupaten.