147 Anggota PPS Pemilu 2024 se-Kabupaten Belitung, Dilantik dan Diambil Sumpahnya

Masih menurut Soni, di dalam Bimtek PPS Pemilu tahun 2024 akan diberikan beberapa materi yang berkaitan dengan fungsi dan tugas kerja PPS, antara lain salah satunya berkaitan dengan hubungan antar lembaga. Dimana dalam waktu dekat ini, PPS di setiap desa atau kelurahan harus melakukan koordinasi dengan Kepala Desa atau Lurah dalam pembentukan kesekretariatan.

“Mereka segera melakukan audensi dengan Kades atau Lurahnya, berkaitan dengan pembentukan tenaga sekretariat yang berjumlah 3 orang untuk membantu tugas mereka, termasuk juga ruang sekretariat yang juga dianggap sangat penting”, papar Soni.

Ditambahkan Soni, Kepala Disdukcapil Kabupaten Belitung merupakan salah satu Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan Bimtek, karena berkaitan dengan dukungan Disdukcapil terhadap hasil akhir Pantarlih.

“Salah satunya itu berkaitan dengan pemilih yang pada tanggal 14 Februari 2024 nanti sudah berusia 17 tahun, yang pada tahun ini memang belum memenuhi syarat sebagai pemilih”, tambah Soni.

Kemudian juga kata Soni, dukungan dan fasilitasi Disdukcapil Kabupaten Belitung berkaitan program digitalisasi kependudukan yang di dalamnya memudahkan pemilih mendaftar dan langsung penempatannya di TPS.

“Ini juga kita mintakan kepada Disdukcapil, karena secara teknis pengaruhnya nanti berkaitan dengan pemilih, maka kita mintalah untuk membekali 147 orang kawan-kawan PPS yang hari ini dilantik”, tukas Soni.

Pelantikan PPS

Sementara itu Bupati Belitung melalui sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Kesra Mirang Uganda mengatakan, penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 agar bisa berjalan dengan tertib dan aman sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka perlu peran dan dukungan semua pihak.

“Sehingga PPS juga diharapkan dapat betul-betul memahami dan mengimplementasikan seluruh rangkaian kerja guna hasil yang maksimal. PPS diharapkan bukan hanya mampu mendukung teknis dari penyelenggaraan Pemilu, namun juga dapat mengajak masyarakat untuk terlibat, serta berkompetisi secara sehat, demokratis, melalui pendidikan politik yang benar”, ucap Mirang.

Dilanjutkannya, KPU termasuk PPS harus terus memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat terhadap informasi terkait tahapan Pemilu melalui berbagai metode dan media, sehingga masyarakat paham, dan saat pemilihan berlangsung keinginan masyarakat untuk ikut serta dalam Pemilu serentak tahun 2024 meningkat.

“Oleh sebab itu, dalam implementasi di lapangan, setiap peraturan mengenai pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu tersebut bisa dijadikan acuan oleh PPS. Jangan sampai dalam pelaksanaan Pemilu ada point-point yang dilanggar. Ini yang harus ditanamkan dalam diri masing-masing”, ujar Mirang.

Terakhir Mirang berpesan, dalam melaksanakan tugasnya diharapkan agar Anggota PPS Pemilu tahun 2024, mampu menjaga sikap netralitas, integritas, kejujuran serta menjunjung tinggi aturan perundang-undangan yang berlaku. 

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung saya ucapkan selamat atas pelantikannya, dan selamat melaksanakan tugas. besar harapan kami agar saudara-saudara mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab besar ini sesuai dengan peraturan yang ada. Semoga amanat yang diberikan bisa dijaga dan dilaksanakan sesuai harapan seluruh masyarakat, dalam upaya mensukseskan Pemilu”, pungkas Mirang. (yab)

BACA JUGA:


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…