Bupati Beltim Pimpin Rombongan Studi Tiru Penerapan SPBE ke Sumedang

SUMEDANGpradivanews.com – Bupati Belitung Timur (Beltim) Khairil Anwar dan Wakil Bupati (Wabup) Beltim memimpin kunjungan rombongan studi tiru Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ke Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Rombongan studi tiru ini diikuti antara lain oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan para Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Beltim.

Kabupaten Sumedang dipilih sebagai tujuan kunjungan studi tiru lantaran pada masa kepemimpinan Bupati Dony Ahmad Munir dan Wabup Erwan Setiawan (2019-2023), Sumedang berhasil menjadi Kabupaten Terbaik di Indonesia dengan tingkat SPBE tertinggi.

Selain tingkat SPBE tertinggi, juga penurunan angka kemiskinan, percepatan penanganan stunting, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan berbagai prestasi serta inovasi pelayanan lainnya.

“Kita harus melihat secara langsung, berdiskusi dengan sumbernya langsung, bagaimana sebelum Sumedang ini maju, dan bagaimana saat existing sekarang ini”, sebut Bupati Beltm Burhanudin (Aan) seusai menyimak Pemaparan Bupati dan Sekda Sumedang di Gedung Istana Negara Kabupaten Sumedang, Senin (16/01/2023).

Aan ingin agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Beltim dapat mengimplementasikan digitalisasi yang ada di Pemkab Sumedang untuk dimanfaatkan di Kabupaten Beltim, sehingga dapat menuju pelayanan yang lebih baik dengan digitalisasi.

“Semua ASN sudah mendengar secara langsung paparan dari Pak Bupati dan Pak Sekda Sumedang, yang intinya harus segera action. Mengimplementasikan digitalisasi untuk mewujudkan harapan dan keinginan masyarakat dan cita-cita Beltim Bangkit dan Berdaya”, ujar Aan.

Kunjungan ini harus jadi motivasi dan awal perubahan pola piker ASN, Kades hingga pemangku kepentingan lainnya.

“Ini harus jadi pemantik awal untuk memacu kita sebagai ASN. Kalau kita dak bergerak maju, ASN tidak merubah paradigma dan mindset kerja, kunjungan ini akan sia-sia”, kata Aan.

BACA JUGA: