Pada Tahun 2022, UMKM di Beltim Berkembang Pesat dan Meningkat Drastis

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Adanya semangat untuk bangkit pasca pandemi serta dukungan pemerintah dan pinjaman lunak perbankan membuat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) berkembang pesat dan meningkat drastis di tahun 2022 .

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM (Disnakerkopukm) Kabupaten Beltim Gustaf Pilandra menyebutkan, dari data Disnakerkopukm Kabupaten Beltim, pada tahun 2020 tercatat jumlah UMKM mencapai 12.410, untuk tahun 2021 meningkat menjadi 13.063. Sedangkan di tahun 2022 lalu, berkembang pesat menjadi 16.540 UMKM.

“Data ini kita dapat dari desa, kita cek langsung ke lapangan by name by adress untuk kemudian kita sounding dengan data di OSS”, ungkap Gustaf, Senin (09/01/2023).

Didampingi Kepala Bidang Koperasi dan UKM Marwati, Gustaf mengungkapkan tingginya pertumbuhan UMKM tersebut lantaran semangat masyarakat untuk bangkit pasca pandemi. Selain itu pula dukungan pemerintah dan perbankan yang memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi sektor UMKM.

“Adanya keberpihakan pemerintah dengan memberikan pelatihan usaha dan bantuan bagi alat pendukung UMKM. Perbankan juga mendorong UMKM untuk tumbuh, hampir semua bank memberikan KUR untuk membantu permodalan UMKM”, kata Gustaf.

Selain itu, Gustaf juga menilai saat ini masyarakat sudah cerdas memanfaatkan peluang yang ada. Jika dulu hanya Desa Baru Kecamatan Manggar yang membuat olahan dari hasil laut, saat ini Desa Burung Mandi Kecamatan Manggar juga banyak jenis usaha yang sama.

“Kayak kripik sukun atau krupuk ikan dulu hanya Desa Baru yang buat, sekarang Desa Burung Mandi juga sama memanfaatkan hasil laut dan juga pohon sukun”, sebut Gustaf.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disnakerkopukm Kabupaten Beltim Marwati menambahkan, tidak semua UMKM di Kabupaten Beltim memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Ia menyanyangkan hal tersebut, karena kepemilikan NIB ini penting untuk menunjang usaha sekaligus eksistensi usaha UMKM.

“Makanya tahun 2023 ini kita akan turun untuk sosialisasi pembuatan NIB ke UMKM, khususnya di desa-desa di luar Kecamatan Manggar. Soalnya NIB ini penting terutama untuk bantuan pemerintah, tidak ada NIB tidak bisa dapat bantuan”, tukas Marwati. (zie)

BACA JUGA:


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …