oleh

Pj Gubernur Babel Resmikan PLTD Pulau Rengit

judul gambar

BELITUNGpradivanews.com –  Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaludin, Kamis (05/01/2023), meresmikan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Dusun Pulau Rengit, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabulaten Belitung.

Excekutive Vice Presiden PLN Distribusi Sumatera Kalimantan, Bambang Iswanto dalam sambutannya mengatakan, peresmian PLTD Dusun Pulau Rengit merupakan program listrik pedesaan di wilayah Babel, untuk membangun perluasan jaringan listrik sampai ke desa-desa.

Dan Dusun Pulau Rengit merupakan salah satu pulau di Babel dengan jumlah penduduk sebanyak 146 jiwa atau 43 Kepala Keluarga.

“Hari ini adalah hari spesial, dimana kita meresmikan pembangkit listrik di Pulau Rengit. Terima kasih atas partisipasi warga Pulau Rengit yang selama ini sangat membantu, karena pelaksanaan bisa berjalan lebih cepat sesuai rencana”, sebut Bambang.

Menurutnya, pembangunan pembangkit listrik sudah dimulai pada bulan Juli 2022. Kemudian bulan Oktober prakolusi telah dilakukan. Hal tersebut sudah dilaporkan melalui koordinasi antara PLN Babel dengan Pemerintah Kecamatan, Desa maupun warga Dusun Pulau Rengit.

“Dengan hadirnya listrik pedesaan ini, PLN berharap perekonomian lebih meningkat, pendidikan lebih maju dan kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat juga, PLN Hadir Untuk Negeri, Listrik Untuk Kehidupan Lebih Baik”, kata Bambang.

Dalam sambutannya, Belitung Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, dari 100 pulau lebih yang ada di setiap Kecamatan, terdapat 6 pulau yang dihuni penduduk. Di Kecamatan Selat Nasik ada 3 desa yang telah memulai pembangunan listriknya pada tahun 2024.

“Terakhir di Kecamatan Selat Nasik itu Pulau Geresik, untuk Pulau Sumedang di Kecamatan Membalong belum dapat diresmikan, mengingat cuaca saat ini yang tidak mendukung, namun sudah dioperasionalkan sejak tahun 2017”, ungkap Sanem.

BACA JUGA: