Dinas KUKMPTK Gelar Syukuran Revitalisasi Gedung PLUT Belitung

BELITUNGpradivanews.com –  Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (KUKMPTK) Kabupaten Belitung, Kamis (05/01/2023), melaksanakan acara syukuran peresmian Revitalisasi Gedung Pusat Layanan UMKM Terpadu (PLUT) Belitung di Kelurahan Damai Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Menurut Kepala Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung Syamsudin mengatakan, gedung PLUT Belitung memiliki tampilan baru setelah direvitalisasi, dan akan segera difungsikan kembali.

“Hari ini sengaja tidak kami undang ramai orang, karena sebenarnya ini hanya syukuran saja secara adat. Kami harapkan para pelaku UMKM agar memanfaatkan kembali PLUT sesuai dengan fungsinya”, sebut Syamsudin.

Masih menurut Syamsudin, saat ini PLUT Belitung telah resmi menjadi PLUT premium dengan ditambah dan dipoles sejumlah fasilitas tambahan agar fungsi PLUT dapat lebih maksimal.

“UMKM juga diharapkan dapat lebih aktif memanfaatkan PLUT ini, bisa berkonsultasi di PLUT Belitung, tujuannya agar pelaku UMKM di Belitung bisa naik kelas. Kami harap juga Wabup bisa memantau dan membina PLUT ini agar ke depannya dapat lebih baik”, harap Syamsudin.

Semenatar itu, Wabup Belitung Isyak Meirobie mengatakan, peran PLUT dan peran UMKM sangat penting. Dan UMKM telah berkontribusi dalam perkembangan ekonomi daerah termasuk menurunkan angka Kemiskinan di Belitung.

“Kami sudah ada data itu karena saat 2021 kita stagnan dan angka kemiskinan naik, namun ketika gerbong wisata dibuka Covid-19 melandai angka Kemiskinan turun dan perekonomian naik”, kata Isyak.

Dikatakan Isyak, keberadaan PLUT bukan sekedar bangunan fisik gedung semata, tetapi merupakan gudang ide dan gagasan. Jika difungsikan sebagai wadah sharing ide, maka UMKM dapat mengeluarkan produk berkualitas dan inovatif, sehingga UMKM Belitung bisa naik kelas.

“Saya mencontohkan seandainya jika di sini ada UMKM yang sakit, kemudian melakukan konsultasi maka keluar dari PLUT ini mereka menjadi lebih sehat dan mereka menjadi percaya diri”, lanjut Isyak.

Isyak juga mengucapkan selamat atas peresmian Revitalisasi gedung PLUT Belitung. Ia pun berharap agar keberadaan PLUT Belitung mampu melahirkan UMKM yang naik kelas.

“Selamat atas peresmian New PLUT Belitung yang saat ini sudah menjadi PLUT Premium, semoga harga di sini tetap bersahabat meskipun sudah berubah menjadi PLUT Premium, dan bisa banyak melahirkan UMKM yang naik kelas”, pungkas Isyak. (yab)

BACA JUGA:


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …