oleh

4 Crew Kapal Tugboat Muara Sejati Yang Tenggelam, Ditemukan di Tanjung Binga

judul gambar

BELITUNGpradivanews.com – Empat orang Crew Kapal Tugboat (TB) Muara Sejati yang mengalami musibah akibat cuaca ekstrim beberapa hari lalu, Senin (02/01/2023) sekira pukul 05.00 WIB, ditemukan masyarakat terdampar di pantai Bukit Berahu Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Penemuan 4 orang Crew Kapal TB Muara Sejati oleh warga setempat di Bukit Berahu Desa Tanjung Binga tersebut, dilaporkan Anggota Tagana Kabupaten Belitung Pitno kepada Kepala Pos Basarnas Belitung Syahputra.

Mendapat informasi tersebut, sekira pukul 05.30 WIB Personel tiba di Pos Securty Bukit Berahu Desa Tanjung Binga, untuk melakukan pengecekan dan memberikan pertolongan pertama terhadap Keempat Crew Kapal yang terdampar.

Hadir di lokasi untuk melakukan pengecekan antara lain Kepala Basarnas, Kepala Pos Basarnas Belitung, personel Polairud Polda Bangka Belitung, Personel Posal Pulau Mendanau, serta Anggota Tagana Belitung.

Sekira pukul 06.00 WIB Keempat Crew Kapal tersebut dibawa ke Puskesmas Tanjung Binga untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Secara umum, keempat Crew Kapal yang sudah ditangani tim medis ini dalam kondisi sehat. Namun secara kejiwaan masih trauma.

Muara Sejati

Berdasarkan informasi di lapangan, tenggelamnya Kapal TB Muara Sejati berawal ketika kapal tersebut yang sedang menarik Tongkang Ketapang 1 pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2022 lalu, melintas sekitar 30 Mil di perairan utara Pulau Bangka.

Sekira pukul 06.30 WIB terjadi cuaca ekstrim yang menimbulkan gelombang tinggi disertai angin kencang. Saat itu Kapten dan Chip TB Muara Sejati yang sedang berada di anjungan, mengetahui kondisi kapal miring akibat dihantam gelombang dari lambung kiri.

Melihat hal tersebut, Kapten kapal berteriak untuk membangunkan para Crew yang sedang tertidur. Ia kemudian memerintahkan Crew Kapal untuk menyelamatkan tali tuing yang menarik tongkang agar tidak terbelit propeller.

BACA JUGA: