oleh

Sebanyak 22 Pelaku UMKM Beltim Terima Bantuan Alat Produksi

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 22 pelaku UMKM Belitung Timur (Beltim), Rabu (28/12/2022), menerima bantuan alat produksi dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel). Penyerahan bantuan alat produksi berlangsung di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerkopukm) Kabupaten Beltim.

Bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM, seperti freezer, etalase, lemari pendingin (showcase), oven, mixer, mesin obras benang, mesin jahit, mesin adonan ikan, mesin gilingan bakso, pemanggang, standing freezer, mesin cetak bakso, kompor gas, sealer, dan spinner.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Babel Yulizar Adnan mengatakan, bantuan tersebut berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemprov Babel untuk disalurkan kepada UMKM di 5 Kabupaten yakni Belitung Timur, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, dan Bangka Selatan.

“Kami dialokasikan dana sebesar Rp 3,5 miliar. 500 juta untuk operasi pasar atau bazar-bazar, Rp 3 miliar untuk bantuan alat produksi. Untuk alat baru terserap Rp 1,8 miliar, masih sisa Rp 1,2 miliar yang rencananya nanti akan diluncurkan tahun 2023″, sebut Yulizar.

BACA JUGA:

Ia menjelaskan, tidak semua usulan alat bantuan yang diajukan UMKM dapat dilaksanakan tahun 2022. Hal ini dikarenakan alat bantuan tidak tersedia di e-katalog dan Mbiz market serta beberapa usulan berupa peralatan mesin rakitan yang memerlukan waktu pre-order.

“Ini belanjanya melalui e-katalog sama mbiz. Yang sifatya masih rakitan gak bisa karena mengejar waktu. Semoga dengan alat ini produksi mereka (UMKM) meningkat, dan UMKM Belitung Timur bisa naik kelas”, kata Yulizar.

Sementara itu Kepala Disnakerkopukm Kabupaten Beltim Gustaf Pilandra menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Babel atas bantuan yang diberikan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Beltim.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung Timur mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap bantuan dari Provinsi untuk UKM yang ada di Belitung Timur. Alhamdulillah dari 25 usulan, ada 22 UMKM yang bisa diakomodir dengan 36 jenis barang yang ada”, ungkap Gustaf.

Gustaf juga berpesan agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan alat bantuan dengan sebaik-baiknya sehingga produksi usaha UMKM semakin meningkat dan perekonomian rakyat di Beltim semakin baik.

“Alat ini tolong dimanfaatkan untuk menunjang produksi usaha, dan jangan dijual. Akan kita pantau keberadaan barang-barang ini karena data-datanya ada di kami”, pungkas Gustaf. (len)

BACA JUGA:


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …